Tak Ada Jembatan, Warga Pelosok Pesisir Barat Lampung Nyaris Hanyut Bawa Jenazah Melintasi Banjir

Tak Ada Jembatan, Warga Pelosok Pesisir Barat Lampung Nyaris Hanyut Bawa Jenazah Melintasi Banjir

BAHAYA : Warga Pekon Pemerihan saat membawa jenazah warga melintasi banjir. -komunitas warga-

RADARTV – Ekspos keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung di bawah kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi dan majunya Kabupaten Pesisir Barat di bawah komando Bupati Agus Istiqlal, dengan segudang penghargaan tingkat nasional seperti isapan jempol belaka. 

Rupanya di tahun 2024 sekira 28 hari menjelang pilpres dan pemilihan legislatif, masih ada wilayah terpencil di Provinsi Lampung yang luput dari perhatian pemerintah. Sebuah wilayah terpencil itu adalah  Pekon Pemerihan, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat.

Di musim hujan seperti sekarang ini, akses daerah yang menjadi penyangga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ini serba bermasalah. Apalagi akses jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU). Saat banjir, akses jalan lebih mirip sungai besar, dengan arus deras dan dalam. 

Nah jika ada warga yang wafat dan hendak dimakamkan. Maka menjadi pekerjaan sulit. Warga kompak membawa keranda mayat dengan diangkut di atas ban besar yang kemudian digiring menuju tepian di seberang jalan. 

Pemandangan ini tentu membuat ironis, karena sangat membahayakan para pengantar jenazah. Semoga dengan berita ini, membuka mata pemerintah daerah. 

”Mohon sekiranya bantuan terhadap desa kami tepatnya Pekon Pemerihan, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung agar diberi bantuan pembangunan jembatan terhadap desa kami,” kata sopir ambulan Rozzidin. 

Pemuda ini beralasan karena setiap musim penghujan, desa mengalami banjir. Khusus ke arah Tempat Pemakaman Umum (TPU) sudah lebih mirip sungai. 

”Kami berharap dari Pemerintah Provinsi Lampung membangun jembatan yang ada di desa kami. Karena akses jalan tidak memungkinkan setiap ada yang meninggal sangat beresiko bagi kami saat banjir,” jelasnya.

Warga lainnya mengatakan sudah saatnya pemerintah memperhatikan pembangunan wilayah terisolir. Apalagi saat ini menjelang pemilu baik pilpres, dan pemilihan legislatif.

”Baik capres dan caleg seperti tak ada yang peduli. Cuma butuh suara kami saja,” ujar warga lain.

Profil Pekon Pemerihan 

Pekon Pemerihan merupakan salah satu desa/ kampung/ tiyuh yang terletak di Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat. 

Lokasinya jauh terpencil di dalam hutan. Pekon Pemerihan juga merupakan desa penyangga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang merupakan salah satu aset hutan tropis dunia dan bagian dari World Heritage UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau organisasi PBB membidangi masalah Pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. 

Pekon ini merupakan gerbang masuk Pesisir Barat, akses dari Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat  menuju Desa Pemerihan berkisar hampir 2 jam dengan jarak 97 km dan jika dari Bandar Lampung 3 jam 40 menit dengan jarak 150 km jika dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: