BMKG Lansir Iklim Tahun 2024 : Lampung Diprediksi Alami Kemarau

BMKG Lansir Iklim Tahun 2024 : Lampung Diprediksi Alami Kemarau

ILUSTRASI KEMARAU-tangkap layar-

RADARTV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir iklim tahun 2024. Melalui keterangan tertulis, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, jumlah curah hujan tahunan 2024 di Indonesia secara umum diprediksi dalam kondisi normal. 

"Secara khusus, terdapat sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hujan tahunan di atas normal dan di bawah normal." kata Kepala BMKG.

Potensi jumlah curah hujan tahunan di atas rata - rata atau yang melebihi rata-ratanya atau melebihi batas normalnya berisiko bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor. 

Sedangkan potensi curah hujan di bawah normal berisiko kekeringan dan dampak lanjutan seperti kebakaran hutan dan lahan. "Meskipun kemarau 2024 diprediksi berlangsung dengan normal, namun terdapat wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan karena secara iklim memang memiliki curah hujan rendah, yaitu meliputi sebagian Lampung, sebagian Jawa, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur dan Papua bagian selatan," kata Dwikorita dalam keterangan resmi, Senin 1 Januari 2024.

Prediksi Wilayah dengan Hujan Tahunan di Atas Normal Tahun 2024

BMKG memprediksi beberapa wilayah berikut dapat mengalami hujan tahunan di atas normal:

Sebagian kecil Aceh

Sumatera Barat bagian selatan

Sebagian kecil Riau

Sebagian kecil Kalimantan Selatan

Sebagian kecil Gorontalo

Sebagian kecil Sulawesi Tengah

Sulawesi Barat bagian utara

Sebagian kecil Sulawesi Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: