Tips Mudah Pilih Ikan Laut Segar, Cermati Agar Tak Salah Pilih

Tips Mudah Pilih Ikan Laut Segar, Cermati Agar Tak Salah Pilih

IKAN SEGAR-freepix-

B. Periksa Ingsang 

Caranya gampang, angkat penutup insang pada sisi kepala ikan, jika segar insang akan berwarna merah bata pekat. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitasnya. Namun, jika insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian yang tampak terpisah, artinya ikan tersebut tidak lagi segar.

Hanya saja ingat, tidak semua warna merah insang menandakan kesegaran ikan. Sejumlah oknum pedagang nakal terkadang memalsukan warna merah insang ikan menggunakan pewarna buatan. 

Untuk membedakan warna merah asli dan palsu, kamu bisa menyentuh sendiri. Jika warnanya sulit dihilangkan dari tangan, bisa jadi warna merahnya adalah buatan.

C. Perhatikan Sisik Ikan 

Ikan segar dapat dilihat dari kelengkapan dan kondisi sisiknya. Sisik ikan tidak mudah terkelupas dari kulit. Jika sisik copot hanya berjumlah 1 atau 2, itu masih normal - normal saja. 

Namun jika jumlah sisik copot banyak, tandanya ikan tersebut tidak lagi segar karena sudah terbentur dengan keras. Benturan ini bisa menyebabkan daging ikan menjadi memar dan mudah busuk.

Untuk ikan sisik utuh, bertekstur keras, melekat sempurna, dan tidak mudah lepas. Ikan segar akan memiliki sisik mulus dan mengkilap berwarna keperakan yang melekat di sekujur badannya.

3. Endus Aroma Ikan 

Jika tips sebelumnya mengandalkan indera penglihatan. Maka sekarang kamu bisa mengandalkan indera penciuaman yakni hidung. Pilih ikan dan mulai dekatkan hidung. lantas endus aromanya.  

Bukannya semua ikan memiliki arama amis? Memang benar, tapi secara umum aroma ikan berkualitas dan sudah nggak segar tetap dapat dibedakan.

Ikan segar memang memiliki bau amis, tapi aromanya nggak menyengat. Sementara ikan yang sudah tidak segar memiliki aroma sangat amis, asam, dan menyengat.

Bau tersebut menandakan daging ikan tidak lagi segar dan ada pembusukan di dalam daging. Ikan tersebut telah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang. Ikan berkualitas baik memiliki bau khas segar dan ringan. Bau yang keluar dari ikan segar tidak mengganggu penciuman ataupun terasa aneh.

Proses perubahan pada tubuh ikan terjadi karena adanya aktivitas enzim, mikroorganisme, atau oksidasi oksigen. Setelah ikan mati berbagai perubahan fisik maupun kimiawi berlangsung lebih cepat. Semua perubahan mengarah ke pembusukan yang akan memicu bau busuk pada ikan.

4. Cek Kekenyalan Daging Ikan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: