Tips Mudah Pilih Ikan Laut Segar, Cermati Agar Tak Salah Pilih

Tips Mudah Pilih Ikan Laut Segar, Cermati Agar Tak Salah Pilih

IKAN SEGAR-freepix-

RADARTV - Untuk bisa mendapatkan sensasi rasa ikan bakar yang segar, manis, gurih dan lezat. Salah satu pertimbangan utamanya adalah dari pemilihan bahan baku ikan laut yang masih segar.

Sekilas jikalau kita berada di pasar ikan, bagi pemula akan sangat sulit memilih jenis ikan yang masih segar atau tak segar. Belum lagi ada sejumlah pedagang nakal menjual ikan yang sudah dilumuri dengan formalin dan atau boraks

 Dalam artikel kali ini kami akan menghadirkan tips atau cara memilih produk ikan laut segar. Ingat, sebelum membeli, kamu memiliki hak untuk tahu atau memilih ikan yang segar. 

Jangan terlalu buru - buru, ada baiknya perhatikan secara seksama dan tak mudah percaya dengan rayuan si penjual ikan. Ingat - ingat ya tips yang kami bagikan dan praktikn saat akan membeli ikan. 

Berikut, sejumlah tips memilih ikan laut segar : 

1. Membeli Di Tempat Pelelangan Ikan 

Jika di daerah kamu ada dermaga tempat pelelangan ikan (TPI). Ada baiknya kamu langsung membeli ikan laut di lokasi. Di sini, terjadi aktivitas jual beli baik partai besar dengan cara lelang antara nelayan dengan operator lelang dan buyer. 

Nelayan membawa ikan hasil tangkapan dalam boks - boks besar, lalu diklasifikan atau dikelompokan berdasarkan jenis dan ukuran ikan.  

Nah, biasanya para pedagang mendapatkan ikan dari cara lelang. Selanjutnya, ikan dijual melalui partai lebih kecil atau eceran perkilogram berdasarkan jenis dan ukuran pula.  

Di Bandar Lampung terdapat dua dermaga TPI yakni Gudang Lelang dan Lempasing. Di sejumlah wilayah pesisir Lampung terdapat TPI Dermaga Bom, PPI Rangai dan Dermaga Bakauheni di Kalianda, Lampung Selatan, Dermaga Kuala di Kotaagung, Tanggamus, Dermaga Kuala Penet di Labuhan Maringgai, Lampung Timur dan sejumlah dermaga kecil lainnya.  

2. Perhatikan Penampilan Ikan 

Langkah berikutnya, secara teknis yang harus dilakukan kali pertama untuk memilih ikan adalah memperhatikan tampilan fisik secara seksama. Perhatikan mata, sisik, dan insang. Lihat kesegaran ikan dari matanya. 

A. Periksa Mata Ikan 

Jikalau mata bening, itu tandanya ikan masih segar, sebaliknya kalau buram, artinya sudah tidak bagus. Ikan segar memiliki mata terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengah. Permukaan mata ikan segar akan terasa menonjol dan kenyal saat diraba. Sebaliknya, jika matanya tampak mengerut dan keruh, artinya ikan tersebut tidak lagi segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: