Biar Ingat dan Lebih Kenal. Daftar Urutan Pangkat Polri Lengkap dengan Lambang.

Biar Ingat dan Lebih Kenal. Daftar Urutan Pangkat Polri Lengkap dengan Lambang.

Urutan pangkat di Kepolisian Republik Indonesia.-polri.go.id-

RADARTV - Libur akhir tahun 2023 segera tiba. Momen ini biasanya dimanfaatkan oleh banyak warga untuk berwisata menikmati libur bersama keluarga. Banyak pihak yang akan terlibat dalam menikmati momen tahunan ini. Mulai dari pengelola tempat wisata, penginapan hingga aparat keamanan seperti TNI dan Polri.

Dalam hal keamanan di tengah masyarakat, Polri sebagai alat negara menjadi yang cukup banyak dilibatkan. Tentunya ini terkait dengan tiga peran Kepolisian Republik Indonesia. Pertama, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kedua, memerangi kejahatan, dan yang ketiga, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Biasanya hampir semua satuan tugas di Polri terlibat dalam menjaga ketertiban dan keamanan dimomen libur akhir tahun. Dari personel bhabinkamtibmas, satuan lalu lintas dan satuan lainnya. Mulai dari pangkat tamtama hingga perwira akan dilibatkan dalam upaya pengamanan.

Bicara pangkat dalam Polri, secara umum terbagi ke dalam tiga golongan kepangkatan yakni, perwira, bintara dan tamtama. Berikut ini urutan pangkat di Polri yang dikutip dari Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan.

Pangkat Perwira Polri.


Pangkat perwira tinggi, menengah dan pertama polri-indonesiabaik.id-

Perwira Tinggi (Pati) terdiri dari :

- Jenderal Polisi

- Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

- Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

- Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

Perwira Menengah (Pamen) terdiri dari : 

- Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

- Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: