Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 Dibuka, Lampung Butuh Total 180.775 Ayo Daftar

Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 Dibuka, Lampung Butuh Total 180.775 Ayo Daftar

Foto : radartv.disway.id--

RADARTV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mulai membuka pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 pada 11-20 Desember 2023.

Komisioner KPU Lampung Ali Sidik, mengatakan total KPPS yang direkrut sesuai dengan jumlah KPPS di Lampung dimana masing-masing KPPS berjumlah 7 anggota sehingga total 180.775 orang.

Kebutuhan itu disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kabupaten dan kota sebanyak 25.825. 

Perekrutan KPPS dilakukan secara terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat sehingga diharapkan akan banyak orang ikut berpartisipasi.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Debat Capres-Cawapres Versi KPU dan Alasannya

"Kebutuhan itu disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara TPS. Perekrutan secara terbuka, untuk syarat KPPS warga Indonesia, usia maksimalnya yakni 55 tahun dan paling rendah 17 tahun. dan disertakan dengan surat keterangan kesehatan, selain itu pendikan paling rendah SMA sederajat," jelasnya.

Guna melindungi kesehatan KPPS, KPU RI juga sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar semua penyelenggara dapat perlindungan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Selain itu KPU akan merekrut petugas keamanan dari linmas untuk ditempatkan di TPS-TPS. Dimana setiap TPS akan di sertakan dua orang linmas.

"Untuk kebutuhan linmas sendiri itu sebanyak 51.650 orang. Saat ini KPU kabupaten dan kota sedang melaksanakan bimtek dengan PPS untuk persiapan perekrutan KPPS," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: