UNESCO Tetapkan Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Ke-13, Malaysia Kembali Gigit Jari

UNESCO Tetapkan Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Ke-13, Malaysia Kembali Gigit Jari

JAMU. -freepix-

RADARTV – United Nations Educational, Sceintific, and Cultural Organizations (UNESCO) menetapkan jamu sebagai warisan Budaya Takbenda (WBTb) ke-13. 

Jamu merupakan salah satu budaya yang melekat di kehidupan masyarakat Indonesia. Umumnya, minuman tradisional ini merupakan obat alami untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan pelbagai penyakit.

Dari beberapa literatur, tradisi minum jamu diperkirakan sudah ada sejak tahun 1.300 masehi, minuman masyarakat Indonesia yang bersejarah. 

Penetapan budaya sehat jamu resmi menjadi WBTb oleh UNESCO pada Rabu 6 Desember 2023, diresmikan dalam sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga atas diakuinya Budaya Sehat Jamu oleh UNESCO.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda," ujar Nadiem Makarim, dalam siaran pers. 

Artinya, jamu menjadi benda ke-13 dari Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO. Sebelumnya, Indonesia berhasil mencatatkan 12 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO.

Berikut Warisan Budaya Takbenda UNESCO asli Indonesia :

Wayang (2008) 

Keris (2008)

Batik (2009) 

Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009) 

Angklung (2010) 

Tari Saman (2011)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: