Polres Pringsewu Amankan 50 Remaja dan 29 Motor Dari Arena Balap Liar

Polres Pringsewu Amankan 50 Remaja dan 29 Motor Dari Arena Balap Liar

DIAMANKAN : Sedikitnya 50 remaja diamankan dari arena balap liar oleh Polres Pringsewu.-dok polres pringsewu-

RADARTV – Virus balap liar telah menjangkiti remaja di kabupaten di Provinsi Lampung. balap liar di lintasan lurus sepanjang 201 meter hingga 402 meter tengah digandrungi generasi milenial di Kabupaten Pringsewu.

Biasanya para geng motor atau kelompok motor tertentu sudah membuat janjian adu balap. Mereka memilih waktu lepas tengah malam hingga dinihari. Di sini reputasi geng motor, joki dan hasil oprekan dipertaruhkan. Nilainya mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. 

Balap liar di awali dengan nongkrong malam di kawasan jalan linta Sumatra (jalinsum) tidak jauh dari rest area atau tugu bambu Pringsewu. Soal waktu dipilihlah waktu paling sepi biasanya mulai tengah malam hingga menjelang dinihari.

Trek lurus nan mulis di kawasan rest area ini sangat ideal, membelah areal persawahan dengan lampu jalanan yang memadai. Layaknya balap liar lainnya, biasanya ada dua joki sudah bersiap di garis start. Tak lupa ada juri atau wasit yang memberikan kode atau aba – aba tanda dimulai.

Mulai garis start hingga finish sudah dipenuhi para pendukung atau mereka yang sekadar menonton saja. Nah, karena trek yang digunakan adalah jalan umum. Maka untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Di dua sisi ada panitia kecil bertugas mencegat kendaraan, untuk sabar berhenti sesaat.

Area balapan lainnya adalah trek lurus dari tugu Gajah Angkat Besi menuju arah Kantor Pemkab Pringsewu. Ini lokasi alternative terkahir, jikalau trek jalinsum rest area tak kondusif. 

Saat Sabtu malam hingga Ahad dinihari, ada puluhan remaja dan puluhan motor sudah melakukan balap liar. Mereka adalah anak – anak usia sekolah asal sejumlah kecamatan di Pringsewu.

Mengetahui ada aksi balap liar, Polres Pringsewu menerjunkan puluhan petugas gabungan. Mereka bergerak dari dua sisi, di bagian barat dan timur jalinsum. Lantaran jalan ini cuma satu jalur tidak ada gang atau jalan kabur. 

Maka razia terbilang sukses. Sedikitnya ada 50 remaja berhasil diamankan petugas gabungan ke Mapolres Pringsewu, pukul 02.00, Ahad dinihari, 19 November 2023. Dari lokasi juga diamankan total ada 29 unit sepeda motor. Mayoritas motor tak dilengkapi surat dan diindikasikan bodong.

Para remaja usia sekolah ini tertangkap tangan sedang balap liar atau berkumpul di beberapa titik di Jalan Lintas Barat Sumatera, mulai dari Tugu Gajah Pekon Bulukarto hingga Rest Area Pekon Wates Timur, Kecamatan Gadingrejo. 

Agar tak kabur, seluruh kunci motor disita. Para remaja ini dengan baju terbuka, diminta mendorong motor dari lokasi balap liar menuju Polres Pringsewu. Kesempatan ini, juga dilakukan penggeledahan untuk mencari senjata tajam, minuman keras dan narkoba.

Anak muda generasi penerus bangsa ini dinasehati dan diwawancarai, sambil menunggu pemeriksaan surat-surat sepeda motor yang dibawa. Menjelang subuh, 29 unit roda dua diamankan ke Mapolres Pringsewu. 

Kasatlantas Polres Pringsewu, AKP Khoirul Bahri di lokasi kejadian, mengatakan pihaknya melakukan razia atas laporan warga di sekitar jalinbar, yang merasa terganggu suara bising knalpot sepeda motor dari arena balap liar. 

”Kami dapat amankan dari lokasi balapo liar, puluhan remaja dan juga puluhan sepeda motor,” kata AKP Khoirul Bahri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: