Pasca Suap Mahasiswa Baru Unila, Forum Rektor BKS Komitmen SMMPTN Barat Transparan

Pasca Suap Mahasiswa Baru Unila, Forum Rektor BKS Komitmen SMMPTN Barat Transparan

Rapat tahunan ke XLIV digelar di aula GKU 2 Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Jumat 17 November 2023. --

RADARTV - Forum Rektor Badan Kerja Sama (BKS) PTN Wilayah Barat Indonesia berkomitmen menggelar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) sesuai dengan prosedur operasional baku (POB) serta lebih transparan.

Rapat tahunan ke XLIV digelar di aula GKU 2 Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Jumat 17 November 2023. 

Ketua BKS PTN Wilayah Barat Prof Muryanto Amin yang juga rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menyampaikan, SMMPTN Barat telah diperbaiki tahun lalu secara menyeluruh pasca kasus korupsi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Unila.

Sehingga SMMPTN Barat tahun 2023 telah sesuai dengan POB, transparansi serta sistem komplain berjalan dengan aturan.

"SMMPT Barat berjalan sebagaimana POB. Alhamdulillah semua berjalan dengan aman," jelas Muryanto Amin.

Muryanto menambahkan bahwa SPI dan UKT telah transparan dengan menggunakan website kampus yang dapat diakses oleh para mahasiswa baru. Dalam perancangannya dilakukan dengan diskusi panjang bersama komisi pemberantas korupsi (KPK) Dirjen Dikti selama 3 bulan.

 “SPI dan UKT transparan dengan ditampilkan di website kampus yang dapat diakses solon mahasiswa," ibuhnya.

Sementara itu Sekretaris Pojka SMMPTN Barat Prof Supriyanto, mengatakan kedepannya akan memberikan akses pendidikan yang lebih baik kepada masyarakan sehibgga para calon peserta tidak lupa membuat akun SNPMB.

Kemudian dalam pelaksanaan SMMPTN Barat tahun 2024 akan lebih ditingkatkan dari segi  kualitas soal maupun  kualitas panitia.

"SMMPTN Barat mewadahi mereka dan memberikan kesempatan yang belum lulus SNBP dan SNBT. Tahun 2023 terdapat 29.442 pendaftar tersebar di 25 Perguruan Tinggi Negeri," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: