Waspada Perbuatan Khas Kaum Jahiliyah ini Masih ada Pada Umat Islam

Waspada Perbuatan Khas Kaum Jahiliyah ini Masih ada Pada Umat Islam

ilustrasi kehidupan perbudakan di zaman jahiliyah--

Setidaknya terdapat empat perkara yang perlu diwaspadai sebagai perbuatan khas umat jahiliyah, yakni pertama membanggakan jasa (kelebihan atau kehebatan) nenek moyang.  Kedua, mencela nasab (garis keturunan). Ketiga, menisbatkan hujan disebabkan oleh bintang tertentu dan Keempat,  an-niyahah (meratapi mayat).”

Sebagai mana disebutkan dalam hadist Nabi, dari Abu Malik Al-Asy'ari Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Solallahu Alaihi Wasalam bersabda :

أَرْبَعٌ فِي أُمَّتِي مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ، لَا يَتْرُكُونَهُنَّ: الْفَخْرُ فِي الْأَحْسَابِ، وَالطَّعْنُ فِي الْأَنْسَابِ، وَالْاسْتِسْقَاءُ بِالنُّجُومِ، وَالنِّيَاحَةُ  وَقَالَ النَّائِحَةُ إِذَا لَمْ تَتُبْ قَبْلَ مَوْتِهَا، تُقَامُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَيْهَا سِرْبَالٌ مِنْ قَطِرَانٍ، وَدِرْعٌ مِنْ جَرَبٍ

 “Ada empat perkara khas jahiliyah yang masih melekat pada umatku dan mereka belum meninggalkannya, (1) membanggakan jasa (kelebihan atau kehebatan) nenek moyang, (2) mencela nasab (garis keturunan), (3) menisbatkan hujan disebabkan oleh bintang tertentu dan (4) an-niyahah (meratapi mayat).”

Diriwayatkan dari Ummu ‘Athiyyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

أَخَذَ عَلَيْنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ البَيْعَةِ أَنْ لاَ نَنُوحَ ، فَمَا وَفَتْ مِنَّا امْرَأَةٌ غَيْرَ خَمْسِ نِسْوَةٍ: أُمِّ سُلَيْمٍ، وَأُمِّ العَلاَءِ، وَابْنَةِ أَبِي سَبْرَةَ امْرَأَةِ مُعَاذٍ، وَامْرَأَتَيْنِ – أَوِ ابْنَةِ أَبِي سَبْرَةَ، وَامْرَأَةِ مُعَاذٍ وَامْرَأَةٍ أُخْرَى

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengambil sumpah setia dari kami ketika kami berbai’at, yaitu kami dilarang meratap. Dan tidak ada yang bisa menepatinya di antara kami, kecuali hanya lima perempuan saja, yaitu Ummu Sulaim; Ummul ‘Alaa; anak perempuan Abu Sabrah, yang merupakan istri dari Mu’adz; dan dua perempuan lainnya; atau [1] anak perempuan Abu Sabrah; istri Mu’adz; dan satu perempuan lainnya.” (HR. Bukhari no. 1306 dan Muslim no. 936)

Dan Rasulullah Solallahu Alaihi Wasalam bersabda : 

اَلنِّيَاحَةُ مِنْ أَمْرِالْجَاهِلِيَّةِ وَاِنَّ النَّائِحَةَ اِذذَامَاتَتْ وَلَمْ تَتُبْ فَطَعَ لَهَاثِيَابًا مِنْ قَطِرَانٍ وَدِرْعًا مِنْ لَهَبِ النَّارِ.

 “Meratap itu sebagian dari tradisinya orang jahiliyah. Dan perempuan yang meratap ketika dia mati dan belum bertobat maka Allah memotong untuknya kain dari bara neraka dan baju kurung dari nyalanya api neraka.” (HR  Ibnu Majah). 

BACA JUGA:Parlemen Turki Hapus Coca-Cola dan Nestle dari Restoran dan Kampus

Selain hal tersebut di dalam Alqur’an sendiri, disebutkan beberapa perkara yang dilakukan menyerupai orang jahiliyah.

Firman Allah tentang zhan jahiliyah :

وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ يَظُنُّونَ بِاللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ يَقُولُونَ هَلْ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ مِنْ شَيْءٍ قُلْ إِنَّ الْأَمْرَ كُلَّهُ لِلَّهِ

“Sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: “Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?.” Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah.” (QS. Ali Imran: 154)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rumaysho.com