Menemukan Kebahagiaan Melalui Rasa Syukur Setiap Hari

Menemukan Kebahagiaan Melalui Rasa Syukur Setiap Hari

Foto seorang anak sedang mengusap wajah dengan tangannya tanda bersyukur-inews-

RADAR TV - Hidup di tengah-tengah berbagai tantangan dan kesulitan zaman modern saat ini, terkadang membuat kita lupa akan begitu banyak nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita sebagai hambanya. Padahal, dengan menumbuhkan rasa syukur setiap hari di dalam diri kita dapat menjadi kunci bagi kita untuk menemukan kebahagiaan yang sejati.

Di dalam Islam, bersyukur merupakan salah satu perintah yang sangat ditekankan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya dalam Surah An-Nahl ayat 14:

وَهُوَ الَّذِيْ سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَاۚ وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dialah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.”

Ayat ini menjelaskan bahwa segala sesuatu yang Allah ciptakan di bumi ini, termasuk segala nikmat dan karunia-Nya, adalah untuk kita manusia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita bersyukur atas semua itu.

Rasa syukur tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan akhirat kita, tetapi juga dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan kita di dunia. Dengan bersyukur, kita akan memiliki perspektif yang lebih positif dalam menyikapi berbagai tantangan dan permasalahan hidup. Kita akan lebih mudah untuk menerima dan menjalani apa yang terjadi dengan lebih lapang dada.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Luqman ayat 12 :

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِۗ وَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Sungguh, Kami benar-benar telah memberikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Siapa yang bersyukur, sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Siapa yang kufur (tidak bersyukur), sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji”.

Dalam surah ini menjelaskan bahwa ketika kita bersyukur, maka manfaat dan kebaikannya akan kembali kepada diri kita sendiri. Sebaliknya, jika kita ingkar dan tidak bersyukur, maka hal itu tidak akan merugikan Allah SWT, karena Dia Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Oleh karena itu, membiasakan diri untuk selalu bersyukur setiap hari dapat menjadi salah satu kunci untuk menemukan kebahagiaan yang sejati. Dengan menyadari dan menghargai segala nikmat yang telah Allah berikan, kita akan merasa lebih puas, tenang, dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, rasa syukur juga dapat mendorong kita untuk terus berusaha dan bekerja keras dalam menggapai cita-cita serta mewujudkan potensi terbaik yang ada dalam diri kita. Karena dengan bersyukur, kita akan lebih termotivasi untuk memanfaatkan segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menemukan kebahagiaan melalui rasa syukur setiap hari merupakan salah satu ajaran yang sangat penting dalam Islam. Melalui rasa syukur, kita tidak hanya akan memperoleh kebahagiaan di dunia, tetapi juga di akhirat kelak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: