TRANSFORMASI PEMBELAJARAN IPAS: Pelatihan CTL Berbasis Media Interaktif untuk Guru SD di Kabupaten Pesawaran
Kegiatan Pelatihan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Interaktif pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Kabupaten Pesawaran.--
Guru melakukan microteaching dan mendapatkan pendampingan langsung dari tim dosen serta mahasiswa untuk meningkatkan kualitas implementasi CTL.
6. Evaluasi dan Monitoring
Pada tahap akhir, guru mengikuti pre-test dan post-test, sekaligus memperoleh umpan balik mengenai peningkatan kemampuan mereka.
Hasil Kegiatan: Peningkatan Kompetensi dan Kualitas Pembelajaran
Kegiatan pelatihan ini memberikan dampak positif dalam beberapa aspek:
1. Peningkatan Pemahaman Guru tentang CTL
Guru mampu menerapkan CTL secara tepat dan lebih mampu menghubungkan materi IPAS dengan kehidupan nyata siswa.
2. Guru Mampu Mengembangkan Media Interaktif
Peserta berhasil menghasilkan berbagai media digital yang dapat langsung digunakan dalam pembelajaran.
3. Pembelajaran IPAS Menjadi Lebih Menarik
Dengan media interaktif, siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan mudah memahami materi.
4. Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan CTL berbantuan media interaktif.
5. Terbentuknya Komunitas Belajar Guru Kreatif
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
