TRANSFORMASI PEMBELAJARAN IPAS: Pelatihan CTL Berbasis Media Interaktif untuk Guru SD di Kabupaten Pesawaran

Sabtu 29-11-2025,07:00 WIB
Reporter : Artikel Ilmiah
Editor : Hendarto Setiawan

Pada tahap akhir, guru mengikuti pre-test dan post-test, sekaligus memperoleh umpan balik mengenai peningkatan kemampuan mereka.

Hasil Kegiatan: Peningkatan Kompetensi dan Kualitas Pembelajaran

Kegiatan pelatihan ini memberikan dampak positif dalam beberapa aspek:

1. Peningkatan Pemahaman Guru tentang CTL

Guru mampu menerapkan CTL secara tepat dan lebih mampu menghubungkan materi IPAS dengan kehidupan nyata siswa.

2. Guru Mampu Mengembangkan Media Interaktif

Peserta berhasil menghasilkan berbagai media digital yang dapat langsung digunakan dalam pembelajaran.

3. Pembelajaran IPAS Menjadi Lebih Menarik

Dengan media interaktif, siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan mudah memahami materi.

4. Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan CTL berbantuan media interaktif.

5. Terbentuknya Komunitas Belajar Guru Kreatif

Guru-guru kini memiliki wadah kolaborasi untuk terus mengembangkan inovasi pembelajaran.

Apresiasi dari Pihak Sekolah

Pihak sekolah menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam penggunaan media digital dan penerapan pembelajaran aktif. Sekolah berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut untuk memperkuat kualitas pendidikan di Kabupaten Pesawaran.

Kategori :