- aplikasi latihan dan evaluasi digital.
Pendekatan ini membuat pembelajaran lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari, menarik, serta sesuai dengan karakteristik peserta didik masa kini.
Alur Kegiatan: Terencana, Terstruktur, dan Aplikatif
Pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahap sistematis yang dirancang untuk memastikan guru benar-benar siap menerapkan CTL berbantuan media interaktif. Adapun rangkaiannya:
1. Koordinasi dan Identifikasi Kebutuhan Guru
Tahap awal dilakukan melalui need assessment untuk mengetahui permasalahan pembelajaran IPAS dan kebutuhan guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik.
2. Webinar Edukatif: Pengenalan CTL dan Media Interaktif
Guru diberikan materi mengenai prinsip CTL, active learning, dan urgensi penggunaan media digital untuk pembelajaran IPAS.
3. Pelatihan Implementasi CTL dalam Perangkat Pembelajaran
Peserta praktik menyusun RPP dan skenario pembelajaran berbasis CTL, lengkap dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual.
4. Workshop Pengembangan Media Interaktif
Guru dilatih membuat media digital interaktif sebagai penunjang pembelajaran IPAS, seperti video singkat, kuis digital, dan LKPD elektronik.
5. Simulasi dan Praktik Mengajar CTL
Guru melakukan microteaching dan mendapatkan pendampingan langsung dari tim dosen serta mahasiswa untuk meningkatkan kualitas implementasi CTL.
6. Evaluasi dan Monitoring