• contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari.
Pelatihan dilakukan secara langsung, di mana peserta mencoba aplikasi menggunakan perangkat masing-masing sambil dibimbing oleh tim mahasiswa dan dosen.
4. Pendampingan Praktik Pembelajaran
Setelah memahami fitur, peserta diberikan simulasi bagaimana aplikasi digunakan dalam situasi pembelajaran nyata menggunakan contoh materi yang relevan bagi siswa SMP.
5. Evaluasi dan Umpan Balik
Guru memberikan refleksi pengalaman menggunakan aplikasi, sementara siswa mengisi pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman nilai kebangsaan.
Hasil Kegiatan: Peningkatan Pemahaman dan Praktik Pembelajaran
Program PKM ini menghasilkan beberapa capaian penting, di antaranya:
1. Peningkatan Pemahaman Guru dan Siswa terhadap Pancasila
Hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru Mampu Mengintegrasikan Aplikasi dalam Pembelajaran
Guru merasa aplikasi ini memberikan alternatif pembelajaran karakter yang lebih terstruktur, mudah digunakan, dan relevan bagi siswa.
3. Pembelajaran Karakter Lebih Interaktif
Aplikasi memungkinkan siswa belajar Pancasila tidak hanya melalui penjelasan verbal, tetapi melalui aktivitas dan refleksi digital yang membuat pembelajaran lebih hidup.
4. Sekolah Memiliki Media Baru untuk Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)