• penerapan aplikasi dalam kegiatan kelas,
• penggunaan evaluasi digital untuk mengetahui perkembangan karakter siswa,
• integrasi aplikasi dengan kegiatan pembiasaan di sekolah.
Dengan pendekatan tersebut, kegiatan ini menekankan bahwa penguatan nilai kebangsaan perlu dilakukan melalui media yang dekat dengan keseharian siswa: teknologi digital.
Alur Kegiatan: Sistematis, Terstruktur, dan Aplikatif
Kegiatan PKM disusun dalam beberapa tahapan yang saling terhubung:
1. Koordinasi dan Identifikasi Kebutuhan Sekolah
Tim PKM melakukan diskusi awal dengan pihak sekolah untuk memahami kebutuhan terkait pendidikan karakter dan situasi pembelajaran yang berlangsung. Informasi ini menjadi dasar penyusunan materi sosialisasi.
2. Sosialisasi Konsep Pendidikan Karakter Digital
Sesi ini memperkenalkan urgensi literasi digital kebangsaan di era sekarang dan bagaimana aplikasi dapat menjadi alat bantu pembelajaran yang lebih efektif.
3. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Rangkai Nusantara
Pada sesi inti, guru dan siswa diperkenalkan pada fitur-fitur utama aplikasi, seperti:
• menu pemahaman nilai-nilai Pancasila,
• aktivitas refleksi,
• materi pembelajaran digital,
• fitur evaluasi karakter,