Bahaya Multitasking: Fokuslah pada Satu Tugas untuk Hasil Maksimal

Selasa 15-10-2024,22:12 WIB
Reporter : MG-16 Panji Akbar Wardana
Editor : Jefri Ardi

• Istirahat Biasa: Istirahat setelah menyelesaikan tugas memungkinkan kita memulihkan tenaga dan fokus pada tugas berikutnya.

5. Manfaat Fokus Tunggal

Dengan berfokus pada satu tugas dalam satu waktu, kita dapat merasakan banyak manfaat, antara lain:  

• Kualitas kerja yang lebih baik: Fokus pada satu tugas memungkinkan kita menyelesaikannya dengan lebih teliti dan berkuaitas.

• Peningkatan Produktivitas: Kita dapat menyelesaikan tugas lebih cepat daripada membuang waktu untuk berpindah antar tugas.

• Penghilang Stres: Saat kita fokus pada satu hal, pikiran menjadi tenang serta tidak akan kewalahan dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan.

• Peningkatan rasa pencapaian: Menyelesaikan suatu tugas akan memberi rasa kepuasan dan meningkatkan motivasi kita untuk menyelesaikan tugas lainnya.

 Multitasking sering dilihat sebagai cara untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus, namun kenyataannya, multitasking lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Membagi perhatian secara terus-menerus ke berbagai tugas dapat mengurangi produktivitas, meningkatkan stres, dan menurunkan kinerja kognitif.

 Sebaliknya, ketika fokus pada satu tugas dalam satu waktu, kita dapat bekerja lebih efisien dan berkualitas, serta lebih puas dengan hasil pekerjaan. Mulailah fokus hari ini untuk mencapai hasil yang lebih baik di tempat kerja hingga kehidupan sehari-hari.s hari ini untuk mencapai hasil yang lebih baik di tempat kerja hingga kehidupan sehari-hari.

Kategori :