Well Dress to Impress: Ini alasan, kenapa sih penting banget berpakaian baik?

Kamis 10-10-2024,16:30 WIB
Reporter : MG-24-Celia Agustin
Editor : Hendarto Setiawan

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Pola pikir yang memandang perempuan harus berpenampilan cantik sebab centil atau ingin dipuji adalah argumen yang sangat salah dan harus dibuang jauh-jauh. Berpakain dengan baik atau biasa kita sebut sebagai well dress merupakan salah satu aspek penting untuk semua perempuan. Bukan sekedar mengikuti tren atau bergaya menarik, akan tetapi well dress dapat mencakup alasan psikologis, sosial, hingga personal.

1. Sebagai Ekspresi Diri dan Identitas

Pakaian yang digunakan dapat membentuk identitas pribadi seseorang sehingga dapat menunjukan nilai, kepribadian bahkan preferensi. Tentunya hal ini akan membantu mereka untuk berekspresi tentang siapa mereka dan apa yang sedang mereka rasakan. Beberapa perempuan suka dengan style casual, bahkan ada yang lebih percaya diri dengan outfit elegan atau chic. Hal ini adalah sesuatu yang normal untuk mengekspresikan diri sendiri. Asalkan, penampilan tersebut bukan berasal dari pengaruh orang lain atau mengikuti sesuatu yang sedang fomo pada saat itu.

2. Dapat Meningkatkan Rasa percaya Diri

Sebuah rasa percaya diri tidak dapat dipungkiri datang dari dalam diri sendiri. Pakain yang sesuai dengan style akan membantu seseorang untuk percaya diri dan berani tampil lebih baik hingga batin dan perasaannya merasa tenang, bahagia serta dihargai, seseorang akan cenderung merasa percaya diri tanpa mengkhawatirkan cibiran atau judge dari orang lain.

Penampilan yang menarik akan membuat seseorang memiliki psikologis yang siap mengahadapi tantangan dan lebih berkompeten dalam banyak hal. 

Sehingga hal ini menjadi alasan oleh banyak perempuan lebih nyaman ketika berpakaian sesuai dengan standar diri mereka sendiri, dan kita tidak punya hak untuk menjudge apa yang sudah menjadi style orang lain.

3. Mencerminkan Profesionalisme

Berpakain baik di lingkungan kerja merupakan tanda professionalisme seseorang. Tampil dengan rapi dan modis merupakan suatul hal yang cukup untuk menunjukan seseorang tersebut memiliki sikap yang serius dan bertanggung jawab atas sesuatu yang diamanahkan.

Di dunia bisnis sering terdengar dengan istilah ”dress for success” yang bukan sekedar pepatah, akan tetapi berpakaian dengan baik dapat memberikan kesan positif.

4. Dapat Menunjukan Rasa Hormat kepada Diri sendiri dan Orang Lain

Berpakaian dengan baik dan rapi merupakan suatu bentuk penghormatan kepada diri sendiri dan orang lain. Memberikan waktu luang untuk self reward salah satunya merawat penampilan, menunjukan bahwa kamu peduli dengan dirimu serta  bagaimana kamu membawa dirimu yang tentunya hal ini akan mempengaruhi sudut padang orang lain tentang dirimu.

5. Dapat Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Hal ini dapat dipercaya atau tidak bahwa berpenampilan dengan baik mampu meningkatkan good mood kita. Sebab mengenakan pakaian yang mencerminkan kepribadian seseorang dan suasan hatinya hal ini dapat mengatur emosi yang tentunya akan berkesinambungan terhadap grafik produktivitas kerja.

Well dress atau berpakaian baik bukan hanya sekedar mengenakan pakaian yang mahal atau style yang sedang tren. Akan tetapi well dress adalah bagaimana seseorang mengenakan pakaian yang baik, rapi, dan tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri serta suatu bentuk ekspresi sebagai perempuan yang mempunyai personal branding bagus.

Kategori :