Ilmu Tenang itu Mahal, Sudahkah Kamu Memilikinya?

Selasa 08-10-2024,13:12 WIB
Reporter : MG-24-Celia Agustin
Editor : Reki. M

RADARTVNEWS.COM - Ilmu tenang sangat mahal karena dianggap memiliki beberapa alasan yang berkaitan dengan sifat, manfaat, dan proses memperoleh ketenangan.

Berikut ini alasan mengapa ilmu tenang adalah sesuatu yang berharga dan dianggap mahal:

1. Untuk Mencapai Ketenangan Merupakan Sesuatu yang Sulit

  • Membutuhkan waktu yang lama dalam mecapai sebuah ketenangan sebab hal ini tidak bisa dicapai dalam semalam. Ilmu tenang membutuhkan waktu, dedikasi, dan latihan yang konsisten.
  • Melatih mental, seperti keteramoilan yang lainnya, ketenangan sangat membutuhkan mental yang intens, misalnya meditasi, mindfulness, atau yoga.

2. Mampu Mengendalikan Diri

  • Mengendalikan emosi, sebab ilmu tenang melibatkan kemampuan mengelola emosi, tidak mudah terpancing amarah, tidak panic, dan tetap tenang ketika berada di bawah tekanan. Ilmu tenang membutuhkan latihan yang konsisten dengan kesadaran yang tinggi.
  • Cara merespon diri ketika stress, memiliki ilmu tenang berarti mampu mengendalikan diri sendiri dengan cara yang konstruktif.

3. Ketenangan Memiliki Nilai Manfaat

  • Berdampak pada mental dan fisik, sebuah ketenangan mempunyai kontribusi yang besar terhadap kesehatan mental dan fisik, terutama dalam mengurangi risiko stress, memperbaiki kualitas hidup, dan menambah umur panjang.
  • Sebuah keputusan yang baik, orang yang tenang akan selalu memiliki pola pikir yang jernih dan tidak terburu-buru sehingga keputusan yang diambil tentunya memiliki pertimbangan yang baik.

4. Memiliki Rasa Penerimaan dan Kebijaksanaan

  • Kebijaksanaan, orang yang tenang memiliki sudut pandang yang luas dan mendalam tentang kehidupan yang dapat  diidentifikasikan sebagai sebuah kebijaksanaan.
  • Penerimaan, untuk mencapai ketenangan harus belajar menerima kenyataan dan beberapa hal yang tidak dapat diubah, hal ini merupakan proses emosional yang sangat sulit dan berharga.

5. Sesuatu yang Langka dan Tidak Mudah untuk Diperoleh

  • Tidak mudah dimiliki, kehidupan dunia memiliki banyak tuntutan yang tak jarang membuat orang stress dan ketenangan adalah sebuah kualitas yang sulit untuk ditemukan. Seseorang yang memiliki ilmu tenang akan sering menonjol di tengah masyarakat yang memiliki banyak kegiatan dan kesulitan dalam mengelola emosi.
  • Pengalaman pribadi, memiliki ilmu tenang sering kali dapat dipelajari melalui pengalaman individu yang mendalam bahkan terkadang sangat menyakitkan, seperti mengalami kehidupan yang sulit atau mengalami proses perubahan besar.

Ilmu tenang adalah sesuatu yang mahal sebab hal ini adalah kombinasi antara proses belajar yang memerlukan waktu panjang dan sangat sulit. Manfaat yang besar dapat dirasakan dalam kehidupan setelah melewati masa sulit dan proses dalam mempertahankannya.(*)

Kategori :