Beredar Foto Sekda Fahrizal Selfie dengan Tim Pemenangan 02 : Sosialisasi Tipis utk ASN Insya Alloh Coblos 02

Beredar Foto Sekda Fahrizal Selfie dengan Tim Pemenangan 02 : Sosialisasi Tipis utk ASN Insya Alloh Coblos 02

Sekda Fahrizal Selfie dengan Tim Pemenangan 02-Jeni Pratika Surya-

BANDAR LAPMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Menjelang Pilkada Serentak 2024, suasana politik di Provinsi Lampung memanas dengan munculnya sebuah foto selfie yang melibatkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, bersama seorang yang diduga sebagai bagian dari tim sukses calon gubernur (Cagub) Rahmat Mirzani Djausal (RMD).

Foto tersebut dengan cepat menyebar di media sosial, menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat terkait apakah pejabat ASN (Aparatur Sipil Negara) tersebut terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Foto itu dilaporkan diambil pada Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 15.52 WIB, di ruang kerja Sekda Provinsi Lampung. Yang membuat heboh adalah keterangan yang menyertai foto tersebut, yaitu "Sosialisasi tipis-tipis untuk para ASN Insya Allah coblos nomor dua katanya."

Kalimat tersebut menimbulkan spekulasi di kalangan publik bahwa ada indikasi keterlibatan ASN dalam mendukung salah satu calon di Pilkada, yang tentu saja bertentangan dengan peraturan mengenai netralitas ASN.

Fahrizal Darminto sendiri segera memberikan klarifikasi terkait beredarnya foto tersebut. Ia menjelaskan bahwa pada hari Kamis, 3 Oktober 2024, salah satu rekannya bernama Hazai datang berkunjung ke kantornya.

BACA JUGA:10 Tahun Itera, Bakal Bentuk Pusat Mitigasi Bencana dan Tsunami di Sumatera

Hazai datang bersama temannya yang bernama Rusdi, yang pada saat itu mengenakan baju dengan logo Rahmat Mirzani Djausal (RMD). Namun, Fahrizal menegaskan bahwa ia tidak pernah mengenal Rusdi sebelumnya, dan kedatangan Hazai serta temannya tersebut bukan dalam rangka pembicaraan politik.

Dalam keterangannya, Fahrizal menekankan bahwa kedatangan Hazai dan Rusdi ke ruang kerjanya hanya untuk membahas hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan Pilkada. "Hazai datang untuk meminta saya menyumbang perbaikan mushola yang ada di dekat rumahnya," ujar Fahrizal.

Ia menambahkan bahwa pertemuan tersebut berlangsung singkat dan tidak ada percakapan yang menyinggung soal Pilkada atau dukungan terhadap calon manapun.

Fahrizal mengakui bahwa sebelum pertemuan tersebut berakhir, Hazai sempat mengajaknya untuk berfoto bersama. "Saya diajak berswafoto sebelum mereka pulang, dan saya tidak menyangka bahwa foto tersebut kemudian akan menyebar luas di media sosial dengan narasi yang seolah-olah mengaitkan saya dengan salah satu calon gubernur," katanya.

Meskipun Sekda Provinsi Lampung sudah memberikan klarifikasi, kasus ini masih menjadi perhatian serius bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung.

Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P Panggar, mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera melakukan penelusuran lebih lanjut terkait kebenaran dari foto yang beredar tersebut.

Penelusuran ini akan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan apakah ada pelanggaran terkait aturan netralitas ASN dalam Pilkada.

BACA JUGA:Iuran Tapera 3% Untuk Karyawan UMR, Langkah Maju Menuju Perumahan yang Terjangkau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: