Lari di Treadmill vs Outdoor: Membandingkan Manfaat dan Tantangan

Lari di Treadmill vs Outdoor: Membandingkan Manfaat dan Tantangan

Foto siluet orang orang sedang melakukan olahraga lari-pinterest-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Lari adalah salah satu bentuk olahraga yang paling populer dan mudah untuk diakses. Namun, para pelari sering kali dihadapkan pada pilihan : haruskah mereka berlari di treadmill atau berlari di luar ruangan? Kedua opsi ini memiliki kelebihan dan tantangannya masing-masing. Mari kita bandingkan keduanya untuk membantu Anda memutuskan mana yang lebih cocok untuk gaya hidup dan tujuan kebugaran Anda.

1. Lari di Treadmill

Berlari menggunakan alat yaitu treadmill memiliki beberapa manfaat yaitu antara lain :

1. Kenyamanan : Treadmill karena sifatnya alat dalam ruangan maka ketersedianya 24/7 atau bisa digunakan setiap hari, tanpa mempedulikan cuaca atau waktu.

2. Kontrol : Dengan menggunakan treadmill Anda dapat mengatur kecepatan, kemiringan, dan durasi dengan tepat dan konsisten sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Timnas Indonesia Menduduki Puncak Grup F Setelah Menang Lawan Maladewa

3. Permukaan yang Konsisten : Treadmill juga mengurangi risiko cedera akibat permukaan yang tidak rata jika berlari diluar.

4. Pemantauan : Banyak treadmill yang sudah dilengkapi dengan monitor yang menampilkan data statistik penggunanya seperti jarak, kalori terbakar, dan detak jantung.

5. Privasi : Karena sifatnya indoor sehingga cocok bagi mereka yang merasa tidak nyaman ketika berlari di depan umum.

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas tentunya alat treadmill juga memiliki bebrapa tantangan yaitu :

1. Monoton : Tentunya berlari di tempat yang sama secara berulang-ulang bisa membuat kita merasa hal itu membosankan.

2. Kurang Alami : Karena berada didalam ruangan tentunya tidak terasa alami karena tidak ada angin ataupun perubahan medan ketika berlari.

3. Biaya : Treadmill yang berkualitas tentunya memiliki harga yang relatif mahal, dan keanggotaan gym juga memerlukan biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: