Cukup 10 Menit: Nikmati Beragam Manfaat dari Meditasi

Cukup 10 Menit: Nikmati Beragam Manfaat dari Meditasi

Ilustrasi Seseorang yang Sedang Meditasi-pinterest-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.C0M -Meditasi dikenal sebagai praktik kuno yang membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Meskipun praktik ini telah ada selama ribuan tahun, manfaat meditasi bagi kesehatan mental kini semakin diakui oleh sains.

 Menariknya, meditasi tidak selalu berlangsung lama. Dengan meluangkan waktu hanya 10 menit setiap hari, anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatan mental dan emosional. Artikel ini menjelaskan beberapa manfaat utama meditasi singkat setiap hari dan cara memulai kebiasaan meditasi sederhana.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

 Mengurangi Stres adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum di dunia modern. Aktivitas sehari-hari yang padat, tekanan pekerjaan, dan masalah pribadi selalu menjadi sumber kecemasan. 

Meditasi telah terbukti secara ilmiah membantu mengurangi stres. Meditasi mengkondisikan tubuh dan pikiran untuk fokus pada momen saat ini dan mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang menyebabkan stres hingga kecemasan.

BACA JUGA:Malas Mandi: Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar

 Dengan meditasi sederhana selama 10 menit, tubuh anda merespons dengan menurunkan kadar kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres. Penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu penderita gangguan kecemasan merasa lebih tenang dan mengurangi frekuensi serangan panik. Dengan melatih pikiran untuk fokus pada nafas dan tubuh, anda dapat mengatasi rasa takut yang muncul karena mengkhawatirkan masa depan atau menyesali masa lalu.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

 Di dunia yang penuh gangguan, sulit berkonsentrasi pada satu tugas. Salah satu manfaat meditasi adalah dapat melatih pikiran untuk meningkatkan konsentrasi. Saat kita bermeditasi, kita belajar untuk fokus pada satu hal, seperti pernapasan atau suara di sekitar kita. Ini secara bertahap akan meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas sehari-hari.

 Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang bermeditasi secara teratur mengalami peningkatan perhatian, atau kemampuan untuk memusatkan perhatian mereka pada satu tugas. Dengan meditasi 10 menit sehari saja sudah bisa melatih otak untuk lebih fokus dan menghindari gangguan yang bisa menghambat produktivitas.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional 

 Meditasi juga mempunyai efek positif terhadap kesejahteraan emosional. Kebiasaan ini membantu mengurangi pikiran negatif, meningkatkan rasa syukur, dan meningkatkan rasa sejahtera. Meluangkan waktu untuk bermeditasi memungkinkan kita menjadi lebih sadar akan emosi kita tanpa menghakimi. Ini akan membantu memproses emosi dengan cara yang lebih sehat dan mengurangi risiko terjerumus ke dalam siklus pikiran negatif.

 Meditasi mindfulness (praktik untuk melatih kesadaran dan perhatian terhadap momen saat ini tanpa menghakimi) khususnya memungkinkan anda menyadari emosi tanpa terbawa olehnya. Ketika anda menjadi lebih sadar akan emosi, anda akan mampu menghadapinya dengan lebih bijak dan tenang, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

BACA JUGA:Keramas: Rutinitas Kebersihan atau Ancaman bagi Kesehatan Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: