Menemukan Keberkahan dalam Sedekah

Menemukan Keberkahan dalam Sedekah

Foto seorang anak yang sedang memasukkan uang kedalam sebuah kotak infaq-Bagus Darmawan-

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di dalam ajaran Islam. Hal tersebut selain sebagai bentuk kepedulian sosial kita, bersedekah juga diyakini akan membawa berbagai keberkahan bagi mereka yang melakukannya. Di dalam artikel ini akan sedikit membahas tentang bagaimana sedekah itu dapat membawa keberkahan dalam kehidupan seseorang, serta dalil-dalil yang mendukungnya.

Keberkahan dalam Sedekah

Keberkahan dalam sedekah dapat dilihat dari berbagai macam aspek, baik dari segi spiritual, sosial, kesehatan, dan lain sebagainya. Dan juga masyarakat yang rutin bersedekah akan senantiasa merasakan kebahagiaan dan juga ketenangan batin. Mereka merasakan adanya keberkahan di dalam harta yang mereka miliki dan merasa lebih mudah dalam menjalani berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan bersedekah juga dapat meningkatkan rasa empati dan kepedulian sosial terhadap masyarakat atau orang lain. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa masyarakat yang gemar bersedekah itu memiliki 2 (dua) motivasi yaitu, motivasi internal seperti perasaan bahagia saat memberi dan keyakinan bahwa sedekah akan membawa rezeki dan motivasi eksternal seperti dorongan dari orang lain dan keinginan untuk mencapai husnul khotimah juga menjadi faktor pendorong orang untuk bersedekah.

Dalil tentang Keberkahan Sedekah

Di dalam Al-Qur'an dan Hadis, sebenarnya banyak sekali dalil-dalil yang menjelaskan tentang bagaimana keutamaan dan keberkahan sedekah. Salah satu dalil yang sering dikutip adalah dari Surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman :

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Di dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa sedekah yang diberikan di jalan Allah akan dilipatgandakan pahalanya, seperti sebutir benih yang akan menumbuhkan tujuh bulir, dan pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Hal ini menunjukkan tentang betapa besar keberkahan yang bisa didapatkan dari bersedekah.

Selain itu juga, di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak akan berkurang harta karena sedekah, dan Allah akan menambahkan kemuliaan kepada seorang hamba yang pemaaf, dan tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya."

Dalam hadis ini Rasulullah SAW menegaskan bahwa setiap harta yang disedekahkan tidak akan berkurang, melainkan akan bertambah dengan keberkahan dari Allah SWT.


Foto seorang anak yang sedang memasukkan uang kedalam sebuah kotak infaq-Bagus Darmawan-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: