Menjelang PON XXI Aceh-Sumut 2024,KONI & ITERA menggelar pelatihan mental bagi para atlet dan pelatih.

Menjelang PON XXI Aceh-Sumut 2024,KONI & ITERA menggelar pelatihan mental bagi para atlet dan pelatih.

Menjelang PON XXI Aceh-Sumut 2024,KONI & ITERA menggelar pelatihan mental bagi para atlet dan pelatih.--

RADARTV - Menjelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar pelatihan mental bagi para atlet dan pelatih.

Acara tersebut bertema “Pelatihan Mental sebagai Tahap Persiapan Atlet Lampung Berjaya Menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024” berlangsung di Kantor KONI Lampung

Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmizi, mengungkapkan provinsi Lampung terus memantapkan persiapan para atletnya, tidak hanya dari sisi fisik dan teknis, tetapi juga pelatihan mental.

Ia menyebut, bahwa pembinaan mental sangat penting bagi para atlet, khususnya dalam menghadapi perheletan besar seperti PON.

"kegiatan hasil kolaborasi dengan Itera ini bertujuan untuk meningkatkan mental para atlet sebelum bertanding di PON 2024," ujarnya. 

Pihaknya memahami bahwa selain kemampuan fisik. Kekuatan mental adalah kunci bagi para atlet untuk bisa tampil maksimal di PON XXI nanti. 

"Oleh karena itu, kami menggandeng Itera yang memiliki prodi Rekayasa Olahraga untuk melaksanakan program pembinaan mental ini," katanya. 

Amalsyah menyebut sebanyak tujuh cabor yang mengikuti pelatihan ini. Adapun 7 cabor tersebut yakni gulat, wushu, softball, korfball, sepatu roda, muaythai dan sambo

"Tujuh cabor ini terpilih karena para cabor masih melakukan latihan di sekitar area PKOR Way Halim," ucapnya. 

Dirinya mengatakan, Kehadiran Itera di tengah masyarakat, khususnya dengan adanya prodi Rekayasa Olahraga, harapannya bisa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan prestasi atlet-atlet Lampung. 

"Kami juga melihat antusiasme dari atlet-atlet SMA yang tertarik pada program ini. Besar kemungkinan mereka akan melanjutkan studi di bidang rekayasa olahraga," tambah Amalsyah.

Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan. Pemerintah, dan komunitas olahraga dalam menciptakan prestasi yang lebih baik bagi Provinsi Lampung.

Sementara, Koordinator Program Studi Rekayasa Keolahragaa Itera, Azry Ayu Nabillah mengatakan bahwa pelatihan mental bagi para atlet ini merupakan salah satu bentuk konsentrasi Prodi Rekayaksa Keolahgraan Itera untuk bisa berkontribusi dalam perkembangan olahraga di Lampung.

"Kami rasa ini dibutuhkan supaya atlet-atlet ini mempunyai mental yang bagus untuk menghadapi pertandingan dan para pelatih juga bisa mengetahui kondisi mental para atletnya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: