Pj. Gubernur Samsudin Terima Penghargaan RAN PE Awards 2024

Pj. Gubernur Samsudin Terima Penghargaan RAN PE Awards 2024

Pj. Gubernur Lampung Samsudin menerima penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Indonesia (RAN PE Awards) tahun 2024.-Biro Adpim-

RADARTV- Pj. Gubernur Lampung Samsudin menerima penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Indonesia (RAN PE Awards) tahun 2024.

Penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin di The Westin Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin 19 Agustus 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sendiri mendapatkan penghargaan kategori Inisiator dan Berkomitmen Terhadap Pelaksanaan RAN PE.

Penghargaan kategori ini diberikan kepada lembaga/instansi yang memiliki komitmen mendukung pelaksanaan RAN PE dengan menginisiasi dan mendorong pelaksanaan RAN PE ke berbagai pihak terkait di tingkat pusat maupun daerah.

Kriteria calon penerima penghargaan kategori Inisiator Pelaksanaan RAN PE antara lain, pertama memiliki program/kegiatan yang berkontribusi langsung terhadap Aksi RAN PE.

Kedua, memiliki kebijakan yang secara langsung dimaksudkan untuk menyebarluaskan dan mendorong pelaksanaan RAN PE oleh pihak-pihak terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ketiga, memiliki kebijakan yang secara langsung dimaksudkan untuk menyebarluaskan dan mendorong pelaksanaan RAN PE oleh pihak-pihak terkait di tingkat kabupaten dan kota.

Keempat, menyampaikan pelaporan secara aktif kepada Sekber RAN PE melalui I-KHub (Kementerian/Lembaga) 

Kelima, menyampaikan pelaporan secara aktif dalam SIPKS Kemendagri (Daerah).

Dalam sambutannya, Wapres Ma'aruf Amin mengatakan bahwa pemberian RAN PE Award tahun 2024 ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan kontribusi seluruh pemangku kepentingan yang secara konsisten melakukan berbagai upaya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

Ia berpesan untuk mendukung pemerintah daerah berperan lebih aktif dalam melaksanakan aksi RAN PE.

"Pemerintah daerah memiliki pemahaman mendalam tentang kondisi sosial, budaya dan dinamika lokal, sehingga keterlibatan daerah penting untuk mendapatkan respon yang lebih cepat dan tepat terhadap ancaman terorisme," ujarnya.

Wapres mengucapkan selamat kepada para penerima RAN PE Award tahun 2024 yang telah berkomitmen dan berkontribusi secara konsisten melaksanakan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan di Indonesia.

Ia berharap pemberian penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk memberikan upaya terbaik dalam mencegah dan menanggulangi ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: