Dirikan Pojok Baca di Desa Rukti Harjo, Wujud Upaya Dosen Unila Meningkatkan Literasi Pedesaan

Dirikan Pojok Baca di Desa Rukti Harjo, Wujud Upaya Dosen Unila Meningkatkan Literasi Pedesaan

KIPRAH UNILA : Tim Dosen Universitas Lampung bersama anak - anak di Desa Rukti Harjo, Kabupaten Lampung Tengah.-istimewa for radartv.disway.id-

RADARTV - bertempat di Kampung Rukti Harjo, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, telah diresmikan Pojok Baca Saraswati yang merupakan wujud nyata upaya Universitas Lampung untuk mendukung indeks literasi Provinsi Lampung.  

Pendirian pojok baca ini merupakan rangkaian kegiatan pengadian kepada masyarakat yang berjudul “Kampung Literasi Berbasis Etnosains untuk Menumbuhkembangkan Cinta Lingkungan yang Berkelanjutan”. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sumber pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM). 

Kegiatan ini digawangi oleh tiga dosen yang berasal dari tiga fakultas yang berbeda.  Diketuai oleh Dr. Agung Putra Wijaya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan tim berasal dari Fakultas Pertanian Dr. Melya Riniarti, serta dari Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA), Iqbal Firdaus, M.Si.

BACA JUGA :Koalisi Gendut KIM Plus Tercipta di Pilgub Lampung 2024

Peresmian dilakukan oleh Kepala Kampung Rukti Harjo, H. Ali Pujiono yang disaksikan oleh seluruh tokoh Masyarakat dan dihadiri oleh berbagai kalangan.  

Dalam sambutannya Kepala Kampung Rukti Harjo menyatakan apresiasi sangat tinggi kepada Tim dari Universitas Lampung, dan menyambut baik inisiasi ini.  Beliau juga mengakui bahwa selama ini ada kendala dalam menyediaan bahan bacaan, dan merasa sangat terbantu dengan adanya dukungan dari Unila.  

Hal senada disampaikan oleh Ketua Adat Banjar Sekar Sari, I Nyoman Puspa Irawan.  “Saya tentunya melihat kegiatan ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa, terutama untuk meningkatkan minat baca masyarakat, dan pada anak anak diharapkan akan menurunkan ketergantungan pada gadget,” jelas I Nyoman.  

Dr. Agung Putra Wijaya menyatakan bahwa pendirian pojok baca ini memang ditujukan untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi Masyarakat di Desa Rukti Harjo, dan berharap dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan.  

Buku - buku yang disediakan sangat beragam untuk berbagai kalangan usia.  Seperti komik, novel, buku pertanian, resep masakan hingga pengetahuan seperti perangkat komputer, pertukangan dan lainnya.  

BACA JUGA :Petugas PLN Tersengat Listrik Saat Perbaiki Jaringan Instalasi

Seperti diketahui, Unila sangat mendukung dan mendorong kegiatan meningkatan literasi sebagai salah satu upaya peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Provinsi Lampung yang saat ini masih berada dibawah rata-rata nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: