Koalisi Gendut KIM Plus Tercipta di Pilgub Lampung 2024

Koalisi Gendut KIM Plus Tercipta di Pilgub Lampung 2024

FORMASI KIM PLUS-inihari.com-

RADARTV – Koalisi gendut bertajuk KIM Plus tak hanya disepakati terjadi di Pemilihan Gubernur Jakarta tahun 2024. 

Koalisi Indonesia Maju Plus ini juga merambah ke Pilgub Lampung. Penyematan KIM Plus ini merujuk dengan bergabungnya partai politik yang saat Pilpres 2024 saling berhadapan.

Buktinya, tiga parpol utama pendukung capres Anies Baswedan – cawapres Muhaimin Iskandar yang dulu saling berhadapan dengan capres Prabowo Subianto – cawapres Gibran Rakabuming Raka, kini dengan sangat mudah gabung ke KIM plus.

Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merapat ke Partai Gerindra dengan menyodorkan Jihan Nurlela, adik Ketua DPW PKB Lampung menjadi bakal calon wakil gubernur mendampingi Ketua DPD Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal

Belakangan terjadi aksi tikung menikung alias menggunting dalam lipatan di internal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Lampung. 

Diam – diam dan secara mengejutkan Partai NasDem justru memberikan surat sakti berupa rekomendasi bukan kepada Ketua DPW NasDem Lampung Herman HN. Duo politisi Taufik Basari dan Sekretaris DPW NasDem Lampung Fauzan Sibron justru mengawal RMD untuk menyengget rekomendasi dari pucuk pohon NasDem.

Belakangan Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyerahkan surat rekomendasi langsung ke paket RMD – Jihan Nurlela.

Teranyar, Partai Keadilan Sejahtera juga memberikan surat sakti juga untuk paket RMD – Jihan Nurlela.

Realita politik ini mengacu entah karena tak percaya diri jagoanya “pasti” kalah atau gagalnya kaderisasi menyiapkan calon pemimpin daerah. Atau mungkin adanya faktor X, layaknya janji – janji atau iming – iming atau justru intimidasi politik.

Untuk Partai Amanat Nasional (PAN) dapat dipastikan meski belum menyampaikan deklarasi terbuka. Namun dukungan akan diberikan kepada RMD – Jihan.

RMD – Jihan Kantongi 6 Parpol 

Dengan koalisi gendut ini, artinya duet RMD – Jihan sudah mengantongi 6 partai politik. Yakni, Gerindra, PKB, Nasdem, Demokrat, PAN dan PKS. 

Berikut Dukungan Kursi Parpol DPRD Lampung Koalisi KIM Plus :

1. Partai Gerindra 16 kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: