Literasi Di Bandarlampung Belum Maksimal, Pemkot Lakukan Hal Ini

Literasi Di Bandarlampung Belum Maksimal, Pemkot Lakukan Hal Ini

--

RADAR TV - Guna meningkatkan literasi dan minat baca para Pelajar yang ada di Kota Bandarlampung, Pemkot setempat melalui Dinas Perpustakaan menggelar kegiatan Gemar membaca dengan bermacam perlombaan didalamnya, Selasa, 23 Juli 2024. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana tersebut berlangsung di Aula Semergou Pemkot setempat denganh dihadiri Peserta dari tingkat SD dan SMP. Dirinya menyambut baik kegiatan tersebut yang dirasa sangat penting dan mampu menggerakkan minat anak dalam hal membaca terlebih hal inilah ýang sangat diperlukan untuk masa depan mereka kelak.

"Maka dari itu kita harus tanamkan Pentingnya membaca sejak dini, karena anak-anak melihat kalau belajar bahasa bisa menggunakan YouTube dan kalau hal itu bisa maka  ini harus kita lakukan dengan membaca ilmu, maka hal ini harus lebih baik di sekolah," kata Bunda Eva. Ditambahkan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bandar Lampung Hidayat Ismet menyebut tingkat literasi di Kota Bandar Lampung saat ini masih perlu ditingkatkan sesuai dengan ketentuan. " Maka pada kegiatan gemar membaca kita menggelar lomba perpustakaan ýang diikuti 10 sekolah, lomba puisi untuk SD dan Cerpen untuk SMP dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dalam hal ini agar giat membaca buku, melatih mental meraka juga dalam lomba ini," jelasnya.

Ditanya upaya apa saja yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan literasi di tengah-tengah perkembangan dunia saat ini? Ismed menyebut banyak hal. "Untuk tingkat literasi di Kota Bandarlampung sendiri banyak bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan dengan mensupport kendaraan perpustakaan keliling kemudian bekerjasama dengan semua sekolah di lingkup kota Bandarlampung untuk membuat jadwal hari kunjung ke Dinas Perpustakaan.Selain itu kita juga selalu sosialisasi dengan kegiatan swasta ýang membutuhkan kita hadir dalam kesempatan itu," terangnya. Selain itu, guna menunjangnya Dinas Perpustakaan sendiri tengah mempersiapkan perpustakaan digital dengan membuat aplikasi untuk membaca pada ponsel pintar masing masing. "Aplikasi perpustakaan elektronik saat ini sedang kita persiapkan dan akan dilaunching oleh ibu wali Kota dengan harapan dapat meningkatkan minat baca siswa," tandasnya. (Mel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: