Akan Segera Selesai, Begini Tampilan Pasar Pasir Gintung Terbaru

Akan Segera Selesai, Begini Tampilan Pasar Pasir Gintung Terbaru

Pasar Gintung Terbaru--

RADARTV - Pembangunan Pasar Pasir Gintung ýang terletak di jalan Pisang, TKB,  Bandarlampung sebentar lagi akan segera selesai.

Ya, berdasarkan pantauan radarlampung.co.id, Minggu 21 Juli 2024 terlihat pasar ýang dibangun atas perintah Presiden Joko Widodo oleh Dinas PU Provinsi tersebut terlihat luas, kokoh dengan cat berwarna biru lengkap berlogo Pekerjaan Umum (PU).

Kepala Dinas Perdangannya Kota Bandar Lampung Wilson Faisol mengatakan jika pembangunan gedung pasar pasir Gintung itu akan selesai pada akhir bulan Juli 2024 ini, "kalau menurut kontrak, seharusnya bulan ini selesai dibangun" katanya.

Wilson menyebut pihaknya belum mendapatkan konfirmasi terkait kapan pasar tersebut akan dihibahkan kepada Pemkot Bandarlampung, "belum tau karena belum ada omongan, jadi kita belum bisa mengatur pedagang yang ada kalau belum ada perintah" ujarnya.

Ditanya apakah Presiden Joko Widodo benar-benar akan meresmikan gedung pasar tradisional itu dalam waktu dekat ini? Wilson belum bisa memastikannya dan meminta menanyakan langsung ke Dinas PU Provinsi.

"Kapannya bisa tanya PU Provinsi karena mereka kan yang membangun, jadi tidak pak Presiden meresmikan ini. Karena kita hanya penerima manfaat saja," tandasnya. Sebelumnya diberitakan, Pasca diratakan, pembangunan Pasar Pasir Gintung Bandar Lampung kini sudah mulai berlangsung di jalan Pisang, Tanjung Karang Barat (TKB).

Dari yang terpantau, Kamis 22 Februari 2024 terlihat para pekerja tengah mengerjakan konstruksi awal bagunan pasar tersebut. Mulai dari pondasi, hingga yang terlihat kini adalah tengah pemasangan besi penyangga bagian dari cor pondasi, namun sayang, lokasi tersebut kini sudah tidak bisa diakses dengan leluasa dengan mata, sebab ada seng yang sengaja dipasang untuk memagari area pembangunan sekitar.

Kadis Perdagangan kota Bandar Lampung Wilson Faisol mengamini dimulainya proses pengerjaan pembangunan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, "iya sekarang sudah mulai dibangun," ujarnya.

Namun sayang, Wilson tidak bisa menjelaskan secara rinci progres pembangunan pasar senilai Rp30 miliar itu lantaran pengerjaannya ada di Dinas PUPR Provinsi Lampung. "Kita ga bisa jelasin, karena yang ngerjakan itukan PU Provinsi dan kita hanya penerima manfaat saja," singkatnya.

Sebelumnya diberitakan, Pasar pasir gintung kini telah diratakan dengan tanah untuk segera direvitalisasi, di Bandar Lampung, Jumat, 8 Desember 2023, seperti yang terlihat, kondisi bangunan tersebut saat ini sudah benar-benar diratakan dengan keadaan tanah sekitarnya, alat berat terlihat masih di lokasi mengahancurkan puing-puing sekecil mungkin.

Sekkot Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan, pasca pengumuman lelang pada akhir november lalu tepat di awal Desember bangunan tersebut dirobohkan, "ya, saat ini pengerjaan sudah mulai dilakukan," kata Iwan.

Menurutnya, pembangunan pasar Pasir Gintung tersebut menggunakan skema multuyear projects dengan melibatkan Kementrian Pekerjaan Umum dalam hal ini Balai Pemukiman Wilayah Lampung.

"Ini dilaksanakan dengan sistem Multiyeaes Projects jadi pengerjaannya nyebrang tahun. Dimulainya itukan biasa diawal tahun lalu berakhir di akhir tahun tapi karena ini Presidensial atau itu perintah langsung Presiden maka itu menjadi prioritas Kementrian PU PR," jelasnya.

Iwan menyebut, bila tidak bergeser dengan satu kendala pasar yang akan dibangun senilai Rp 30 miliar itu akan selesai pasca lebaran Idul Fitri tahun depan, "kan mereka selesai lelang akhir November, kemudian sekarang ini bongkar lalu dilanjutkan pembangunan, dan dibangun selesai perkiraannya Apri atau mei selesai lebaran" tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: