JKN Penolong Saat Hipertensi Saya Kambuh

JKN Penolong Saat Hipertensi Saya Kambuh

Niko Anggayu Merupakan Salah Satu peserta Program JKN dari segmen Peseta Bantuan Iuran (PBI) Pemerintah Pusat menceritakan bagaimana pelayanan Rumah Sakit meberikan fasilitas terbaik dan nyaman saat menggunakan BPJS Kesehatan-Foto : Istimewa-

RADAR TV - Penyakit Hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90 dan dianggap penyakit yang serius jika tekanan di atas 180/120. Tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Seiring berjalan waktu, jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Hal ini menuntun adanya pelayanan kesehatan yang cepat dan efektif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. 

Namun, banyak masyarakat yang menghadapi kendala dalam mendapatkan perawatan yang tepat, terutama terkaitan dengan akses dan biaya. Program Jaminan Kesehatan (JKN) hadir dengan memberikan manfaat yang sangat banyak dalam memberikan solusi untuk permasalahan akses dan biaya dalam pelayanan masyarakat. 

Program Jaminan Kesehatan adalah salah satu inovasi yang sangat memudahkan akses masyrakat Indonesia terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, dengan mengikuti Program JKN masyarakat dapat mengakses berbagai layanan Kesehatan yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang biaya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. 

Niko Anggayu (24) merupakan salah satu peserta Program JKN dari segmen Peseta Bantuan Iuran (PBI) Pemerintah Pusat. Dia menceritakan bagaimana pelayanan Rumah Sakit meberikan fasilitas terbaik dan nyaman saat menggunakan BPJS Kesehatan.  

Awal mula sakit yang di derita saat subuh saya mimisan yang lumayan banyak dan sulit berhenti, kemudian saat itu juga saya berangkat ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Budi Medika. Alhamdilillah saya langsung mendapatkan penanganan cepat, kemudian setelah itu langsung dipindahkan ke ruang rawat inap.” Ujar Niko. 

Dokter dan perawat di sana memberikan pelayanan yang baik dan cepat. ’’Saya merasa sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan, di mana kebutuhan pasien selalu diprioritaskan dan dokter yang menangani saya juga rutin melakukan pemeriksaan untuk memantau kondisi kesehatannya.’’ tambah Niko.

Dia mengatakan sudah lama menjadi peserta JKN, namun baru kali ini menggunakan manfaat dan tidak menyangka sebagus ini pelayanan yang diperoleh. ’’Saya merasa bersyukur karena semua biaya pengobatan dan perawatan dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan makanan yang disediakan di rumah sakit cukup enak dan memadai,” ungkap nya. 

Penggunaan BPJS Kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah juga sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai tanpa perlu khawatir akan biaya yang tinggi. Niko juga sangat bersyukur dengan pelayanan diterima sangat baik. ’’Walaupun mengunakan perawatan hak kelas III tidak membuat perbedaan pelayanan. Hal ini menunjukkan pentingnya memiliki asuransi kesehatan, terutama dalam menghadapi situasi darurat. Masyarakat terus berharap BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama ’’ jelas Niko. 

Niko juga menyampaikan dengan adanya program ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait biaya yang mahal saat berobat ke rumah sakit. Pelayanan yang diberikan cukup cepat dan tepat, terutama dalam situasi darurat. Dengan standar pelayanan yang tinggi, pasien dapat merasa aman dan terjamin dalam mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Dirinya pun berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, ’’saya tidak tau harus gimana lagi kalo tidak menjadi peserta JKN, apa lagi saat mendadak ketika kita sakit dan harus dirawat dirumah sakit, pasti akan memakan biaya banyak,’’ 

’’Semoga BPJS Kesehatan selalu meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, dan pemerintah tetap memperhatikan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat tetap tenang ketika sakit,’’ tambah Niko. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: