Waspada Meledak, Ini Cara Menggunakan Genset yang Aman dan Efisien Saat Mati Lampu

Waspada Meledak, Ini Cara Menggunakan Genset yang Aman dan Efisien Saat Mati Lampu

ilustrasi-Foto : Kolase radartvnews dan hartech-

Pastikan Saklar Ohm Sudah Menyala

Genset biasanya dilengkapi dengan saklar khusus yang fungsinya memutus aliran listrik. Biasanya, genset yang tidak digunakan posisi saklarnya menghadap ke bawah. Sementara genset yang digunakan posisi saklarnya menghadap ke atas. Akan tetapi, genset tipe tertentu mungkin memiliki jenis saklar yang tidak sama sebagaimana kami jelaskan tadi.

Nah, saat menggunakan genset, pastikan Anda tidak lupa memindahkan saklar ohm agar listrik dapat mengalir sehingga dapat menyala. Sebaliknya, jika Anda tidak memindahkan atau menyalakan saklar ohm, bisa dipastikan listrik dapat mengalir dan menyala.

Hidupkan Genset

Setelah melakukan keempat langkah di atas, langkah terakhir yang kita lakukan dengan menghidupkan genset. 

Pertama-tama, Anda harus memasang batangan besi ground ke dalam tanah. Kemudian geser kran bahan bakar pada posisi menyala atau ON. Pastikan juga choke genset dalam kondisi menyala. Ini perlu Anda lakukan agar genset nantinya cepat menyala.

Langkah berikutnya yakni menghidupkan saklar genset. Caranya, tekan saklar pada posisi menyala atau ON. Sekarang masukkan steker listrik pada stop kontak genset. Lalu hidupkan genset dengan cara menarik starter hingga mesin berbunyi. Anda tidak perlu kuat-kuat karena bisa menyebabkan tali putus. 

Matikan Genset

Setelah selesai digunakan, tentunya Anda harus mematikan mesin genset. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mematikan genset, antara lain sebagai berikut:

Pertama, pindah posisi choke ke posisi OFF atau mati. Maka, mesin genset juga akan mati. Setelah itu, Anda harus memastikan saklar dalam posisi OFF atau mati.

Sekarang lepaskan steker listrik dari stop kontak. Pindahkan kran bahan bakar pada posisi OFF. Terakhir, simpanlah genset di tempat yang aman.

Nah setelah semua hal diatas kita lakukan, saat hendak menghidupkan genset maupun saat mematikan genset upayakan untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan diluar dari kemampuan kita sebagai manusia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: