Waspada Meledak, Ini Cara Menggunakan Genset yang Aman dan Efisien Saat Mati Lampu

Waspada Meledak, Ini Cara Menggunakan Genset yang Aman dan Efisien Saat Mati Lampu

ilustrasi-Foto : Kolase radartvnews dan hartech-

RADAR TV – Insiden Blackout atau pemadaman listrik total yang dialami masyarakat di wilayah Sumbagsel dan beberapa provinsi di Sumatera membuat sejumlah masyarakat terpaksa mencari alternatif agar tetap mendapat pasokan tenaga listik dengan menggunakan genset.

Tak pelak bisnis penjualan genset laris manis hingga toko-toko penjualan genset diserbu pembeli, seperti yang terlihat di beberapa toko penjualan genset di kota Bandar Lampung.

Namun penggunaan genset sebagai alternatif daya listrik untuk rumah ataupun kantor perlu digunakan secara baik, aman dan efisien sehingga tidak menimbulkan malapetaka saat penggunaannya.

Sebagai contoh kasus meledaknya genset di rumah Kepala OJK Provinsi Lampung yang nyaris terbakar, akibat mesin genset meledak. Peristiwa yang terjadi di perumahan Citra Garden Bandar Lampung, pada Rabu (5/6/2024) malam pukul 21.00 WIB itu, mengakibatkan satpam rumah mengalami sejumlah luka bakar ditubuh hingga kepala dan terpaksa di larikan ke rumah sakit. 

"Tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB, satu rumah milik Bambang Hermanto Kepala OJK Lampung nyaris terbakar. Beruntungnya api hanya mengenai area teras rumah dilingkungan Perumahan Citra Garden," jelas Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra, Kamis (6/6/2024).

BACA JUGA:Penjualan Genset Seperti Beli Kacang, Tanpa Tawar Langsung Bayar

Selain itu akibat menggunakan salah dalam penggunaan genset, Toko Sumber Ban di Jalan Jenderal Sudirman Imopuro Metro Pusat kota Metro mengalami Kebakaran setelah menggunakan genset  yang sudah lama tidak terpakai. Kebakaran terjadi pada Rabu, 5 Juni 2024 sekitar pukul 13.45 WIB.

Sebenarnya mencari langkah menggunakan genset dan menemukan cara menggunakan genset yang baik dan benar tidaklah sulit. 

Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan genset, kemungkinan Anda mungkin akan mengalami kebingungan memahami komponen genset, terlebih lagi jika harus mengoperasikannya dan mematikannya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, genset yang beredar saat ini lebih mudah digunakan dibandingkan genset keluaran terdahulu.Tak perlu lagi susah payah menarik tuas dengan kuat, Anda hanya perlu perlu memahami tombol-tombol untuk mengoperasikannya.

Meski penggunaannya lebih mudah, bukan berarti Anda menghidupkan genset tanpa memerhatikan langkah-langkah yang tepat. Sebab, bisa jadi genset mengalami kerusakan atau tidak bisa menyala jika tidak dihidupkan dengan tepat bahkan bisa mengakibatkan genset meledak.

BACA JUGA:Panduan Memilih Genset, Agar Dapat Produk yang Aman dan Hemat di Toko Mesin di Lampung

Berikut beberapa tips dalam penggunaan genset yang aman dan efisien.

Faktor Pertimbangan Sebelum Menggunakan Genset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: