Orang Tua Harus Ajari Anak Perempuan Tentang Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Orang Tua Harus Ajari Anak Perempuan Tentang Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

KESPRO : Anak perempuan harus diedukasi terkait kesehatan reproduksi.-freepik-

RADARTV – Bagi orang tua harus mengajari anak perempuanya tentang kesehatan sejak dini. Orang tua utamanya ibu yang memiliki anak perempuan harus mengedukasi putrinya mulai dari anak- anak mengalami pubertas. 

Generasi sekarang ini, anak perempuan akan mulai mengalami datang bulan/ haid/ mentrusasi di usia lebih muda. Rata – rata mulai dari usia 9 tahun. 

Bahkan terdapat sejumlah kasus bisa lebih muda dari usia itu. Bayangkan dengan usia generasi 80 – 90-an, anak perempuan di zaman itu mentruasi rata – rata di usia 12 tahun. 

Menstruasi menjadi tanda pubertas atau kematangan seksual pada perempuan. Menstruasi merupakan proses peluruhan lapisan dalam dinding rahim yang mengandung banyak pembuluh darah dan umumnya berlangsung hingga 5-7 hari. 

Secara umum, saat datang bulan pada sebagian wanita ditandai dengan merasakan nyeri atau kram pada bagian perut dan punggung hal ini disebut dengan istilah dismenore. 

Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini antara lain dengan mengompres dengan air hangat, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup. 

Namun, apabila nyeri yang dirasakan sangat mengganggu aktivitas dan terus terjadi, kamu bisa langsung konsultasi ke tenaga kesehatan.

Dilansir dari ayosehat.kemenkes.go.id, saat menstruasi dianjurkan untuk minum 1 tablet penambah darah setiap hari dan sekali dalam seminggu ketika tidak menstruasi. 

Hal ini bertujuan agar terhindar dari anemia akibat kurangnya zat besi. Dengan menerapkan hal tersebut kita dapat terus menjaga kesehatan fisik kita. 

Menjaga Kesehatan Reproduksi 

Hal yang perlu diperhatikan saat wanita sedang mengalami menstruasi adalah menjaga kesehatan reproduksi khususnya pada remaja putri yang baru saja mengalami menstruasi. 

Diperlukan edukasi bagi remaja putri sebagai tahap awal dirinya sehingga dapat diterapkan secara berkelanjutan. 

BACA JUGA: Hari Pemeriksaan Perempuan Nasional : Momen Pemeriksaan Kesehatan Pribadi

Mengapa edukasi kesehatan reproduksi ini penting? Karena ini bukah hal sepele tapi sungguh harus mendapatkan perhatian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: