Deretan Tokoh-Tokoh Pergerakan pada Masa Perjuangan, Nomor 6 Guru Presiden Pertama

Deretan Tokoh-Tokoh Pergerakan pada Masa Perjuangan, Nomor 6 Guru Presiden Pertama

Tokoh-Tokoh Pergerakan pada Masa Perjuangan-Foto : Kolase Radar TV-

RADAR TV – Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia terdapat beberapa tokoh pergerakan yang berperan penting dalam berjuang menentang  dan melawan penjajah di Indonesia.

Berbagai strategi yang dilakukan dalam melawan penjajah. Gerakan perlawanan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh ini ada beberapa macam, salah satunya adalah taktik non kooperatif.

Perjuangan non-kooperatif merupakan tindakan penolakan terhadap penguasa atau penjajah untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Salah satu gerakan yang dilakukan adalah gerakan bawah tanah. Gerakan bawah tanah sendiri merujuk pada organisasi atau perkumpulan rahasia para tokoh pergerakan dalam upaya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Nah, kali ini akan membahas beberapa tokoh pergerakan pada masa penjajahan dalam mencapai kemerdekaan bangsa dan kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Sukarni

Sukarni terkenal dengan kebiasaannya yang sering berkelahi dan menantang pemerintah Belanda. Berawal sebagai anggota Perhimpunan Indonesia Muda pada tahun 1930, ia terus berkembang dengan menjadi pemuda militan dan revolusioner. 

Ia juga sempat mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Persatuan Pemuda Kita. Dan berhasil menjadi Ketua Pengurus Besar Indonesia Muda.

Pada tahun 1943, ia bersama Chairul Shaleh memimpin Asrama Angkatan Baru Indonesia di Menteng. Disitulah Sukarni semakin giat dalam menggembleng para pemuda untuk terus berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

2. Chareul Saleh

Dengan gelar Datuk Paduko Rajo, Chaerul adalah salah satu tokoh pejuang yang berperan penting dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Ia merupakan golongan muda yang tergabung dalam Perhimpunan Pemuda yang berjuang dalam melawan penjajah pada masa pendudukan Jepang. Ia dikenal sebagai sosok pejuang yang pemberani, militan dan tegas.

Ia merupakan salah satu pemuda yang memprakarsai pencetusan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanpa harus berunding dengan Jepang. Karena menurutnya, hanya rakyat Indonesia yang berhak atas kemerdekaan Indonesia sendiri dan tidak bergantung dengan pemerintah manapun.

3. Adam Malik

Adam Malik Batubara merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah sosok aktivis politik yang pernah menjabat sebagai wakil presiden ketiga pada masa pemerintahan Soeharto sejak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: