Mengenal Enam Tokoh Pergerakan Nasional, Nomor 5 Idola Kaum Wanita

Mengenal Enam Tokoh Pergerakan Nasional, Nomor 5 Idola Kaum Wanita

Ilustasi -Foto : Kolase Radar TV-

RADAR TV – Sebelum Indonesia merdeka, terdapat tokoh-tokoh pergerakan yang memiliki peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Berbagai macam upaya dilakukan para tokoh ini demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia serta sumbang pemikiran bagi kemajuan Indonesia seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Nah diolah dari berbagai sumber, berikut ini adalah 6 tokoh pergerakan Indonesia yang dicatatkan dalam sejarah Indonesia.

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno dikenal sebagai seorang politikus yang berperan penting dan paling berpengaruh dalam Revolusi Nasional Indonesia, sekaligus sebagai pencetus konsep dasar mengenai Pancasila sebagai dasar negara. 

Selain sebagai proklamator, Soekarno juga menjabat sebagai Presiden Indonesia pertama sejak 1945 hingga 1967.

Dikenal sebagai seorang pemimpin yang kharismatik dan berwibawa, sosok yang tegas juga dapat membakar api semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Pidato-pidato bung karno terkenal mampu menyemangati serta membangun rasa nasionalisme bangsa.

2. Moh. Hatta

Tokoh kedua yang turut berperan penting dalam pergerakan nasional adalah Mohammad Hatta atau biasa dipanggil Bung Hatta. Seorang tokoh proklamator, negarawan sekaligus ekonom Indonesia yang menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia pertama bersama Ir. Soekarno.

Terkenal dengan komitnennya pada demokrasi. Ia juga dijuluki sebagai Bapak Koperasi, berkat pemikirannya terhadap perkembangan koperasi di Indonesia.

3. Moh. Yamin

Dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia yang berperan sebagai seorang sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus dan ahli hukum. Tokoh yang mempelopori Sumpah Pemuda yang juga sebagai “pencipta imaji keindonesiaan” yang memberikan pengaruh terhadap sejarah persatuan Indonesia.

Moh. Yamin mencetuskan ide-ide penting, hingga berhasil mendominasi sejarah politik dan budaya Indonesia modern. Ia turut berkontribusi dalam kebangkitan politik dan gelora kebanggan nasional di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: