Kawal Ratusan Pemudik Motor, Polres Way Kanan Tes Urine Supir Bus

Kawal Ratusan Pemudik Motor, Polres Way Kanan Tes Urine Supir Bus

Sat Lantas Polres Way Kanan Saat melakukan Tes Urine Supir Bus -Foto : Dedi Tarnando-radartv.disway.id

RADAR TV – Dalam masa arus balik lebaran, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Way Kanan melakukan pengawalan ratusan pemudik motor yang akan melewati jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Way Kanan, pada minggu (14/4/2024).

Polisi juga melakukan skrining kesehatan dan tes urine kepada sopir dan kernek bus guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Hasilnya puluhan supir bus dinyatakan aman dari narkoba.

Diketahui arus balik H plus 4 di kabupaten Way Kanan mengalami peningkatan volume kendaraan dan terpantau ramai lancar.  

Dimana memasuki arus balik hari raya Idul Fitri 1445 H Satlantas polres way kanan melakukan pengawalan kepada 200 pemudik bermotor yang akan meninggalkan bumi ramik ragom pada minggu, (14/4/2024).

Pengawalan dibagi menjadi dua kloter menggunakan 1 mobil patoli dan 1 motor patrol. Dimana sebelum berangkat pemudik motor berkumpul di pos pelayanan gunung labuhan, kloter pertama dilakukan pukul 10.00 WIB dan kloter kedua pada pukul 14.00 WIB.

Andriansyah salah satu pemudik motor asal Baturaja Sumatera Selatan yang hendak balik dengan tujuan kota Tangerang merasa aman dengan pelayanan yang diberikan petugas. Saat diperjalanan dirinya sedikit mengeluh akibat  jalan lintas tengah sumatera di kabupaten Way Kanan banyak yang bergelombang dan berbahaya bagi pengendara.

“Seneng sih dengan pelayanan dan pengamanan pihak kepolisian dari Polres Way Kanan, hanya saja jalan di sini banyak yang bergelombang khawatir kalau ngebut bisa jatuh,” ungkap Andriansyah

Sementara Kasat Lantas Polres Way Kanan AKP Suarjono Suryaningrat menyampaikan pengawalan para pemudik motor dilakukan secara estafet sampai meninggalkan perbatasan kabupaten way kanan, dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemudik selama diperjalanan.

“ Jadi selain pengawalan pemudik motor, petugas kami dari satlantas Polres Way Kanan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kabupaten Way Kanan juga melakukan tes urine untuk sopir bus yang melintas,” ujar Kasat Lantas AKP Suarjono.

Menurut AKP Suarjono hal ini sebagai upaya memastikan keamanan dan keselamatan penumpang kendaraan umum, karena tingkat kecelakaan arus mudik atau balik banyak dialami oleh kendaraan umum.

“Selain tes urin, para sopir dan pemudik juga melakukan skrining kesehatan mulai dari pengecekan tekanan darah dan pemberian vitamin,” tambahnya. 

Dirinya menghimbau sopir kendaraan umum atau pribadi untuk jangan memaksakan diri apabila lelah ataupun mengantuk agar istirahat dan tetap mematuhi tata tertib lalu lintas.

Dari hasil pemeriksaan urine terhadap sopir dan kernet bus seluruhnya dinyatakan negatif narkoba. 

Sementara untuk arus lalu lintas pada H+4 lebaran Jalinsum Way Kanan mengalami kenaikan volume kendaraan disbanding hari sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: