ARUS BALIK LEBARAN 2024 : Pengaturan Lalu Lintas Fokus di Titik Rawan

ARUS BALIK LEBARAN 2024 : Pengaturan Lalu Lintas Fokus di Titik Rawan

BERJAGA : Kasat Lantas Polres Lampura Iptu Joni Charter.-Sastra Sudadi-

RADARTV – Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Utara memiliki komitmen kuat untuk menyukseskan pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Wilayah kerja pengamanan meliputi semua jalan lintas tengah (jalinteng) Sumatra yang membentang mulai dari perbatasan Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Tengah di wilayah Selatan.

Termasuk pula di sisi lain yakni perbatasan lampura dan Kabupaten Way Kanan, serta Kabupaten Lampung Barat. Selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran ini, semua kondisi lalu lintas mendapatkan perhatian ekstra.

Terkait dengan sedikit masalah di ruas Jalan Soekarno Hatta atau tepatnya di simpang Kebun Empat. Di waktu bersamaan, aparat sedang difokuskan menangani kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia di Jalinteng Sumatra ruas Kecamatan Abung Tinggi.

Mayoritas personel Satlantas Polres Lampura mengatasi lakalantas, mulai dari evakuasi korban, pendataan dan penyelidikan penyebab kecelakaan.

Kasatlantas Polres Lampura Iptu Joni Charter menjelaskan pokok permasalahan hubungan kondisi lalu lintas di simpang kebun Empat dan peristiwa lakalantas maut.

 ”Secara personil yang fokus pengaturan itu kami hanya ada lima personil, dengan titik kepadatan sangat kronis,  dan personil lain di tempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan,” ungkap Kasatlantas Polres Lampura..

Ketika disinggung tidak ada personil jaga pada waktu tersebut, Kasat mengatakan pada saat bersamaan ada kejadian laka diwilayah abung tinggi yang memakan korban jiwa, sehingga personil fokus ke lokasi.

“Iya betul,  tadi itu memang tidak ada anggota yang jaga di lokasi lampu merah kebon empat,  tapi itu hanya sebentar saja,” urai Joni Charter.

Di waktu bersamaan pula, personil lain fokus pada titik kemacetan di Simpang Nakau,  karena di lokasi tersebut selain jalan lintas tengah sumatera,  juga merupakan titik keramaian karena dekat dengan Pasar Candimas.

“Anggota kami juga terbagi tadi di lokasi Simpang Nakau,  tapi yakin saja ini jadi masukan bagi kami,  dan kedepan akan jadi perhatian,” kata Kasatlantas.

Untuk diketahui,  titik arus mudik tahun 1445 Hijriah di Kabupaten Lampung Utara memiliki tiga pos pengamanan. Yakni Pospam Propau,  Aji Keagungan, Pospam Bukit Kemuning,  dan Pos Pelayanan Kelapa 7.

Sebelumnya diberitakan, volume kendaraan menuju Bandar Lampung atau Way Kanan dan Lampung Barat atau sebaliknya semakin meningkat. Namun sayang di sejumlah lokasi strategis seperti persimpangan jalan tak ada aparat bertugas.

Baik kepolisian, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP atau petugas gabungan lainnya seperti sedang libur tugas. Mereka tak menjaga persimpangan jalan di simpang Kebon 4.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: