ARUS MUDIK 2024 : Warga Mudik Lebih Awal Untuk Hindari Kemacetan

ARUS MUDIK 2024 : Warga Mudik Lebih Awal Untuk Hindari Kemacetan

AMAN : Situasi Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung di malam hari.-Hendarto Setiawan-

RADARTV – Warga dari Provinsi Lampung lebih memilih melakukan perjalanan mudik ke Pulau Jawa lebih awal. Mereka melakukan perjalanan malam, mulai mudik sejak H-7 lebaran atau Rabu 3 April 2024.

Peningkatan lalu lintas pemudik dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa, mulai terjadi sejak h – 7 lebaran. Sejumlah warga memilih mudik lebih awal karena takut terjebak kemacetan jika harus mudik saat mendekati lebaran.

Dari pantauan, di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pemudik masih didominasi kendaraan roda 4 atau mobil pribadi.

Mayoritas mobil pemudik mudah dikenali dengan adanya rak bagasi atas yang disesaki barang bawaan. Termasuk banyaknya penumpang yang diangkut.

Untuk pemudik menggunakan moda bus antar kota antar provinsi (AKAP), travel dan sepeda motor masih belum terpantau melebihi arus lalu lintas harian.   

Pergerakan pemudik sudah mulai terpantau pada H min 7 lebaran atau Kamis 4 Maret malam di areal Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Selain karena sudah mulai memasuki masa libur anak sekolah dan kuliah. Pemilihan mudik jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 10 April 2024 ini dilakukan agar lebih leluasa. 

Pemudik mayoritas menggunakan kendaraan kecil atau mobil pribadi terpantau di areal Dermaga Pelabuhan Bakauheni.

BACA JUGA: Pemudik Harus Waspada 6 Titik Rawan Lakalantas dan 32 Titik Kemacetan di Lampung, Ini Daftarnya!

Selain dari Provinsi Lampung, dari plat nomor polisi mobil pemudik terpantau dari sejumlah provinsi seperti dari Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Riau dan Sumatra Utara.

Sejumlah warga memilih mudik lebih awal karena takut terjebak macet.  Warga mengaku memilih mudik ke Pulau Jawa lebih awal ke kampung halaman karena mengantisipasi kemacetan saat mendekati lebaran.

Biasanya arus kemacetan lalu lintas terjadi di jalan tol di Pulau Jawa. Karena mudik dari Pulau Sumatra, Jakarta, dan Banten dilakukan bersamaan yakni H min 4.

Alasan lain masyarakat memilih mudik lebaran lebih awal dan menggunakan kendaraan pribadi karena lebih irit biaya perjalanan.

Salah satu pemudik mengaku, berangkat mudik lebih awal lantaran bisa menikmati suasana akhir ramadan bersama keluarga dan lebih lama berkumpul bersama dengan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: