3 Menu Wajib Orang Lampung Saat Hari Raya Idul Fitri

3 Menu Wajib Orang Lampung Saat Hari Raya Idul Fitri

SEKUBAL-Youtube Cooking With Michan-

RADARTV – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, seluruh umat muslim di Indonesia mulai sibuk menyiapkan berbagai macam hidangan untuk menyambut momen bahagia ini. 

Berbagai hidangan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan mulai dipersiapkan. Berbagai jenis kue kering, kue basah, hingga makanan berat seperti opor ayam dan rendang tak luput dari persiapan. 

Selain itu, makanan khas daerah juga turut mewarnai meja lebaran.

Tentunya, makanan khas ini akan berbeda untuk setiap wilayah di Indonesia, salah satunya Lampung. 

Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Lampung juga sering disebut sebagai gerbang Pulau Sumatera.

Di Sai Bumi Ruwa Jurai, terdapat berbagai macam makanan khas yang sangat menggiurkan. Biasanya, makanan khas Lampung ini dapat kita jumpai saat perayan budaya, pesta pernikahan, hingga lebaran. 

Sama halnya dengan makanan khas daerah lain, Makanan khas Lampung juga memiliki cita rasa yang beragam, mulai dari asin, gurih, hingga manis.

Saat lebaran, ada berbagai macam menu makanan khas yang dihidangkan oleh masyarakat Lampung. Namun, ada 3 menu makanan khas Lampung yang biasanya hanya disajikan saat lebaran. 

Berikut 3 Menu Wajib Lebaran Khas Lampung :

1. Sekubal/Segubal

Sekubal merupakan sajian khas Lampung yang biasanya muncul pada bulan Ramadhan dan Lebaran. Makanan ini sering disebut juga sebagai ketan lapis oleh masyarakat Lampung pesisir.

Sekubal/ segubal terbuat dari ketan yang dipadatkan dan dibungkus dengan daun pisang. Karena terbuat dari ketan, sekubal/ segubal memiliki cita rasa yang gurih dan padat. Biasanya, sekubal dimakan bersama serundeng atau sebagai pendamping opor ayam atau rendang. 

Cara membuatnya cukup rumit membuat makanan ini hanya ada pada saat tertentu saja seperti lebaran.

2. Buak Balak/ Kue Lapis Legit Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: