6 Tips Membaca Al Quran Agar Tak Cepat Ngantuk

6 Tips Membaca Al Quran Agar Tak Cepat Ngantuk

FOTO ILUSTRASI : Seorang muslimah tengah membaca Al Quran.-freepiks-

RADARTV – Selain ibadah shaum atau puasa. Ramadhan dikenal pula sebagai Bulan Al Quran. Namun bagi mayoritas umat muslim di Indonesia masih jarang yang menekuni amalan ini. 

Salah satunya karena problem internal atau pribadi yakni cepat ngantuk. Berbeda jika harus memegang ponsel untuk bermain game atau scroll media sosial semisal Tik Tok, Reels Instagram dan Facebook, Short Youtube dan sejenisnya. 

Betapa eloknya mulai malam ini masuk bulan Ramadan kita isi dengan tadarus Al-Qur'an. Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an yang menjadi bukti nyata kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an yang menjadi bukti nyata kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk manusia supaya dapat membedakan hal baik dan buruk untuk keselamatan di dunia dan akhirat kelak nanti.

Berikut Tips Membaca Al Quran Anti Ngantuk : 

1. Berwudhu 

Jangan – jangan sebelum membaca Al Quran kita belum berwudhu. Akhirnya tidak ada semangat untuk membaca Al Quran karena jasad dalam keadaan kotor.  

2. Pahami Pahala Besar Baca Al Quran 

Dengan memahami besarnya pahala tentu kita akan semakin bersemangat. Dengan semangat berkobar dan membara, maka kita akan menepis rasa ngantuk. Lebih – lebih rasa malas.

Rasulullah Saw bersabda : "Dari Abdullah Ibnu Mas‘ud, Rasulullah Shalallahalaihiwassalam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi: 2835).

Hadits di atas menjelaskan mengenai banyaknya pahala yang dilipatgandakan oleh Allah Subhanawata’ala saat kita membaca Al-Qur’an di bulan-bulan biasa, tentu pahala yang kita peroleh akan jauh berlipatganda lagi saat kita membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.

3. Membaca Isti'adzah 

Sering nguap, tiba – tiba lemah dan tidak ada gairah. Coba perhatikan memulai dengan melafadzkan isti'adzah atau membaca a'udzu billahi minasy syaithanir rajim.yang artinya Aku Belindung Dari Godaan Setan Terkutuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: