Siapa Agus Fatoni ? Pj. Gubernur Sumsel Yang Aktifkan Kembali Bandara Di Lampung

Siapa Agus Fatoni ? Pj. Gubernur Sumsel Yang Aktifkan Kembali Bandara Di Lampung

PUTRA DAERAH : Agus Fatoni, putra daerah Lampung yang kini menjabat Pj. Gubernur Sumatra Selatan. -kemendagri-

RADARTV - Ada kepala daerah di luar Provinsi Lampung yang lebih peduli dan mengaktifkan kembali bandar udara (bandara) dibandingkan Gubernur di Provinsi Lampung. Dia adalah Dr. Agus Fatoni, M.Si. Penjabat Gubernur Sumatra Selatan ini berupaya membuka kembali jalur penerbangan Bandara Gatot Subroto (WYK) ke sejumlah bandara lain.

Sebenarnya siapa Agus Fatoni. Rupanya beliau ini merupakan murni putra daerah asal Lampung. Agus Fatoni tercatat di lahirkan di Desa Suka Bumi, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan (d/h Kabupaten Lampung Utara) pada 6 Juni tahun 1972. Sebagai pejabat kepala daerah usianya relatif masih sangat muda 51 tahun. 

Bahuga merupakan salah satu kecamatan tua yang telah dimekarkan menjadi tiga kecamatan yakni Bahuga, Buay Bahuga dan Bumi Agung.  

Jarak Kecamatan Bahuga dari Kota Bandar Lampung adalah 263, kilometer, perjalanan awal dapat ditempuh melalui jalan tol dan keluat di gate exit tol Terbanggi Besar dan melanjutkan perjalanan via jalan lintas tengah (jalinteng). Jika berangkat dari Kota Blambangan Umpu atau ibukota Way Kanan perjalanan singkat dapat ditempuh melalui 1 jam 48 menit atau sekira 45,8 kilometer saja. 

 

BACA JUGA:Mengapa Pj. Gubernur Sumsel Dibandingkan Gubernur Lampung Lebih Peduli Aktifkan Bandara Di Lampung?

Terhitung sejak Oktober 2023, Agus Fatoni diangkat menjadi Penjabat Gubernur Sumsel menggantikan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya. Fatoni juga tercatat masih menjabat sebagai Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Fatoni juga berpengalaman dalam pemerintahan pernah menjadi Pjs. Gubernur Sulawesi Utara menggantikan Olly Dondokambey yang cuti karena mengikuti Pilgub Sulawesi Utara pada 2020. 

Masa Pendidikan  

Agus Fatoni menamatkan pendidikan dasar SD dan SMP di Bahuga, menyelesaikan sekolah dasar di SDN 1 Sukabumi, lulus  tahun 1985 dan melanjutkan pendidikan SMPN Bahuga, lulus tahun 1988.

Setelah itu Fatoni melanjutkan sekolah di SMAN 1 Tanjung Karang, lulus tahun 1991. Di tahun sama, Fatoni diterima di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan tamat tahun 1994.

Pria yang dikenal cakap dalam ilmu pemerintahan ini melanjutkan pendidikan di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta lulus tahun 1999.

BACA JUGA:Melongok Bandara Radin Inten II, Warisan Penjajah Jepang yang Mulai Layani Penerbangan Lampung – Bali

Agus Fatoni menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2003 dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, lulus tahun 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: