Timnas Indonesia Mulai Lakoni Laga Berat Piala Asia 2024

Timnas Indonesia Mulai Lakoni Laga Berat Piala Asia 2024

BERI WARNA : Timnas Indonesia saat menjalani pemusatan latihan di Turkiye.-pssi-

RADARTV - Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia akan memulai tahun 2024 dengan sejumlah laga berat. Agenda akbar di depan mata adalah Piala Asia 2023 di Qatar.

Saat ini, Skuad Garuda asuhan pelatih Shin Tae-yong tengah menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki. 

Ada dua laga ujicoba sudah disapkan pada 2 dan 5 Januari 2024 melawan Timnas Libya. Menariknya, Indonesia sengaja memilih Timnas Libya dengan peringkat 120 dunia sebagai lawan. Laga dua negara sahabat ini akan disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi nasional.

Diharapkan, Indonesia mampu memberikan perlawanan kepada Libya yang memiliki gaya khas tim Afrika. Yakni kecepatan, skill individu dan kekuatan fisik prima.  

Laga ini bakal memengaruhi penentuan komposisi skuad di AFC Asian Cup 2024 yang kini masih dihuni 28 pemain. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan mencoret tiga nama dan memilih 26 nama untuk mengisi skuad final Timnas Indonesia di Piala Asia 2024.

Sementara itu, Libya akan tetap memaksimalkan laga ini meskipun mereka gagal lolos ke Piala Afrika 2024 yang bergulir pada 13 Januari-11 Februari 2024. Di luar itu, Libya ingin mempertahankan tren apiknya dalam beberapa bulan terakhir.

Laga Ujicoba Melawan Iran 

Elkan Baggot dkk telah menjalani latihan di negara Eropa itu sejak 20 Desember. Selain menjalani latihan intensif, Timnas Indonesia juga bakal melahap laga uji coba.

Selain menjalani uji coba di Turki, skuad Garuda juga dijadwalkan bakal memainkan satu laga persahabatan lagi setibanya di Qatar. Timnas Indonesia ditunggu Iran dalam laga uji coba yang dijadwalkan Selasa 9 Januari 2024.

Satu partai ujicoba lain akan di helat saat Timnas berada di Qatar. Lawan yang sudah dipilih adalah Iran. Tim ini memiliki peringkat nomor dua terbaik di Asia atau peringkat 21 dunia. 

Piala Asia 2023 Qatar 

Usai menuntaskan tiga laga uji coba versus tim kuat asal Afrika dan Asia itu, Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 ini menandai kiprah Timnas Indonesia di kancah kompetisi akbar Benua Asia. Timnas kali terakhir berpartisipasi 26 tahun silam atau 2007 ketika menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama tim- tim kuat yakni Jepang, Irak dan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: