KPU Lampung Target Pelipatan Surat Suara Selesai 15 Januari

KPU Lampung Target Pelipatan Surat Suara Selesai 15 Januari

Pelipatan dan perakitan kotak suara ini dilakukan guna mengurangi kapasitas gudang yang tersedia.(jeni)--

RADARTV- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan pelipatan surat suara dan juga perakitan kotak suara untuk pemilu 2024.

Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi, mengatakan saat ini masih melakukan pelipatan surat suara untuk DPRD Kota Bandar Lampung Dapil 4 dan 5 yang ditarget akan selesai pada hari ini 27 Desember 2023.

Selain itu, untuk perakitan kotak suara juga akan ditargetkan rampung, pada Sabtu 30 Desember 2023.

"Pelipatan dan perakitan kotak suara ini dilakukan guna mengurangi kapasitas gudang yang tersedia. Tetapi apabila dilihat dari jumlah surat suara dan kotak suara dibutuhkan waktu 20-30 hari, Maka akan dilakukan evaluasi apabila dengan petugas 150 tidak mencukupi akan ditambah," ungkap Dedy.

BACA JUGA:Mau Pantau Kecurangan Pemilu? Jadilah Pengawas TPS, Ini Syarat Lengkap dan Jadwal Penerimaan

Pada tahap dua, pihaknya menargetkan 15 hari tetapi yang menjadi kendala adalah hingga saat ini surat suara presiden dan DPD RI belum diterima.

"Pasalnya KPU Kota Bandar Lampung belum menerima distribusi dua jenis surat suara tersebut oleh KPU RI. Namun ditargetkan untuk gudang dua dimulai lagi pada 2-15 Januari," imbuhnya.

Dedy menambahakan pelipatan surat suara sekaligus melakukan sortir adanya surat suara yang cacat produksi. Cacat produksi seperti beda warna surat suara dan tulisan tidak terbaca.

Adapun seluruh total surat suara di KPU Kota Bandar Lampung nantinya mencapai 4.040.000 lembar dari lima jenis surat suara.

BACA JUGA:Mau Pantau Kecurangan Pemilu? Jadilah Pengawas TPS, Ini Syarat Lengkap dan Jadwal Penerimaan

Total surat suara yang akan ada di Provinsi Lampung berjumlah 32.695.640 lembar. Terdiri dari lima jenis surat suara yakni Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Jumlah tersebut belum termasuk cadangan 2% di setiap TPS.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: