Ini Beda Utama Tipe Polda, Polrestabes, Polresta, Polres Hingga Polsek

Ini Beda Utama Tipe Polda, Polrestabes, Polresta, Polres Hingga Polsek

MAPOLDA LAMPUNG.-poldalampung-

3. Polda Tipe A+ atau A-K

Di Indonesia hanya ada satu yaitu Polda Metro Jaya, di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Jabatan Kapolda dipimpin Irjen, memiliki bintang 2 (dua).

Polda merupakan satuan pelaksana utama kewilayahan berada di bawah Kapolri. Polda bertugas menyelenggarakan tugas Polri pada tingkat kewilayahan. 

Polda dipimpin oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda), yang bertanggung jawab kepada Kapolri. Dalam melaksanakan tugas, dibantu Wakil Kapolda (Wakapolda).

Tingkat Kabupaten atau Kota

Polda dalam melaksanakan tugas dibantu oleh Kepolisian Resort (Polres) yang berada di kabupaten / kota dan kota besar. Jadi karakteristik penentuanya diklasifikasikan berdasarkan kondisi dan beratnya beban tugas.

Polres merupakan sub-unit di bawah Polri yang mempunyai wilayah hukum setingkat Kabupaten/Kota. Sebagaimana dengan Polda, dan Polsek, Polres juga memiliki beberapa tipe sesuai dengan kondisi wilayah dan tingkat kerawaan. 

Tipe Polres di Wilayah Kepolisian Republik Indonesia adalah:

1. Polrestabes

Polrestabes atau Keepolisian Resor Kota Besar biasanya digunakan oleh kepolisian untuk Ibukota Provinsi dengan status kota besar (contoh: Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makasar, dan Palembang).

Polrestabes dipimpin langsung oleh Komisaris Besar (Kombes)  Pol. yang sudah menjabat minimal tiga tahun.

2. Polresta

Polresta merupakan singkatan dari Kepolisian Resor Kota. Polres berada di kabupaten/ kota yang mempunyai tingkat kerawanan lebih tinggi dari kota/kabupaten lain. Polresta dipimpin oleh Komisaris Besar (Kombes) Pol. yang baru naik pangkat (junior). Salah satu contohnya adalah Polresta Bandar Lampung.

3. Polres

Kepolisian Resor (disingkat Polres) merupakan struktur komando Kepolisian Republik Indonesia di daerah kabupaten/kota. Polres ini dipimpin oleh seorang polisi berpangkat AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi) dengan lambang tiga melati. Contoh Polres Metro, Polres Way Kanan, Polres Tulang Bawang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: