Presiden Jokowi Usul Lampung Jadi Kota Nanas atau Pisang, Kamu Pilih yang Mana?

Presiden Jokowi Usul Lampung Jadi Kota Nanas atau Pisang, Kamu Pilih yang Mana?

IDENTITAS KOTA : Presiden Jokowi saat membuka Munas Luar Biasa Apeksi Tahun 2023, di Bogor. -sekretariat presiden-

”Saya titip pertama desain kota harus punya ciri khas. Hingga tahun 2050 mau jadi apa? Keunggulan- keunggulan kuat akan munculkan karakter kuat,” tegasnya. 

Dibutuhkan perencanaan matang oleh pemerintah daerah untuk menonjolkan potensi daerah masing – masing. Dikaji, direncanakan dan diputuskan sektor mana yang menjadi kekuatan daerahnya. 

"Gorontalo, apa yang ada di benak kita. Jagung, maka bisa jadi kota jagung," jelasnya.

Dia mencontohkan di Kota California Amerika Serikat dikenal sebagai kota dengan 37 padang golf kelas internasional. Setiap waktu datang pegolf dari pelbagai negara untuk bermain golf, mengikuti turnamen hingga liburan. 

Kemudian di Kota Mebel di North California, USA. Setiap tahun datang puluhan ribu orang datang untuk melihat tren model mebel terkini dan warna terkini. ”Pameran seluruh kota tentang mebel. Jika kotanya di Bogor, pengunjung menginap di Jakarta dan Banten. Karena hotelnya sudah tidak muat,” jelasnya. 

Lampung Penghasil Nanas Terbesar 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indonesia memproduksi 3,2 juta ton nanas pada tahun 2022, meningkat sekitar 10,99% dibanding tahun sebelumnya yaitu berjumlah 2,8 juta ton pada 2021. Peringkat pertama provinsi penghasil nanas terbesar adalah Lampung. 

Lampung jadi provinsi penghasil nanas terbesar di Indonesia pada 2022, yang telah memproduksi 861.706 ton. Kemudian, posisi kedua diikuti oleh Sumatera Selatan dengan produksi nanas sebanyak 567.120 ton pada tahun lalu.

Produk nanas dari Lampung telah menembus pasar ekspor di 55 negara di sejumlah benua seperti Eropa, Amerika dan Asia.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: