Gunung Anak Krakatau Seharian 9 Kali Meletus, Ini Kondisi Terakhirnya!

Gunung Anak Krakatau Seharian 9 Kali Meletus, Ini Kondisi Terakhirnya!

SIAGA : Status Gunung Anak Krakatau level III Siaga.-pvmbg-

RADARTV – Di hari Ahad 3 Desember 2023, Gunung Anak Krakatau (GAK) mengalami 9 kali letusan. Intensitas erupsi terpantau sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

Bahkan di sore hari, hanya selang beberapa menit dari erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat pukul 14.54 WIB, GAK juga mengalami erupsi pukul 15.05, terpantau luncuran abu vulkanik mencpaai ketinggian 1.500 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mencatat erupsi Gn. Anak Krakatau sebanyak 9 kali. Adapun ketinggian semburan abu vulkanik tercatat paling tinggi mencapai 1.657 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Gunung Marapi Meletus, Semburkan Abu Vulkanik Hingga 3.000 Meter

Kepala Pos Pemantauan Gn. Anak Krakatau Hargo Pancuran Lampung Selatan, Andi Suwardi mengatakan aktifitas erupsi hari ini terjadi sejak pagi hari. Dari data Seismograf tinggi kolom abu vulkanik bervariasi dari ratusan hingga ribuan meter.

"Untuk tinggi semburan abu vulkanik bervariasi, hari ini tercatat yang paling tinggi yakni 1.500 meter di atas puncak atas 1.657 di atas permukaan laut," jelasnya.

Andi membenarkan status Gn. Anak Krakatau masih Siaga atau Level III. Terkait status ini, pihaknya mendesak warga baik nelayan maupun wisatawan untuk tidak mendekati Gn. Anak Krakatau dalam radius 5 kilometer.

"Kami selalu mengimbau masyarakat, baik nelayan, warga dan wisatawan mancanegara agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam jarak 5 kilometer," tegasnya.

Sekilas Gn. Anak Krakatau 

Gunung Anak Krakatau merupakan gunung berapi terletak di Selat Sunda dan berada dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. 

Secara geografis gunung api ini terletak di koordinat 6o 06' 05.8 LS dan 105o 25' 22.3" BT.  

Gunung api ini dapat dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi Pasauran Pandeglang, Povinsi Banten dan Pos Pengamatan Gunungapi Hargo Pancuran Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau, Gunung Merapi dan Gunung Semeru Terpantau Berstatus Siaga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: