Aplikasi Sepakat Sehat Dorong Transformasi Kesehatan di Lampung

Aplikasi Sepakat Sehat Dorong Transformasi Kesehatan di Lampung

Terpenuhinya standar pelayanan di RSUDAM diharapkan tidak perlu lagi dilakukan rujukan ke luar daerah.--

RADARTV- Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) melakukan kerjasama dengan sembilan rumah sakit pengampu nasional dalam pelayanan prioritas sekaligus meluncurkan aplikasi Sepakat Sehat (30/11).

Kehadiran inovasi teknologi di bidang kesehatan berupa 'Aplikasi Sepakat Sehat' diharapkan mampu mendorong perwujudan transformasi kesehatan di Lampung.

Aplikasi tersebut digagas oleh RSUDAM sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di Lampung.

Direktur Hukum Diklat dan Pengembangan SDM RSUDAM Elitha Utari, mengatakan pengembangan kualitas SDM kesehatan adalah salah satu sisi penting dalam pilar transformasi kesehatan.

"Menjadi rumah sakit pengampu  RSUDAM tidak hanya bertanggung jawab terkait kualitas pelayanan tapi juga pengembangan kompetensi SDM kesehatan," jelasnya.

BACA JUGA:Drainase Tersumbat Picu Banjir, Pemkot Bandar Lampung Gelontorkan Rp 2 Miliar Untuk Perbaikan

RSUDAM sebagai salah satu rumah sakit umum daerah yang ditunjuk sebagai lokus jejaring pengampuan di bawah Kementerian Kesehatan RI akan memfokuskan pelatihan SDM pada sembilan layanan prioritas.

"Layanan prioritas tersebut terdiri dari, pelayanan pada penyakit kanker, jantung, stroke, uronefrologi, penyakit infeksi emerging, paru, gastrohepatologi, kesehatan ibu dan anak serta diabetes melitus," imbuhnya.

Sementara Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi peluncuran Aplikasi Sepakat Sehat sebagai upaya RSUDAM dalam mendukung dan mengambil peran atas pelaksanaan transformasi kesehatan di Lampung.

"Diharapkan terpenuhinya standar pelayanan di RSUDAM masalah kesehatan perorangan di Lampung bisa teratasi. Sehingga tidak perlu dilakukan rujukan ke luar daerah," ungkap Arinal.

Pemprov sangat mendukung untuk percepatan dan dukungan terkait pemenuhan kebutuhan standar pelayanan stratifikasi yang ditetapkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: