Kronologi Jatuhnya 2 Pesawat Tempur TNI AU, Empat Lepas Landas, Dua Tak Pulang

Kronologi Jatuhnya 2 Pesawat Tempur TNI AU, Empat Lepas Landas, Dua Tak Pulang

Pesawat super tucano yang jatuh di area pesawahan. Tangkapan layar X.--

RADARTV – Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano milik TNI Angkatan Udara mengalami kecelakaan di Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS).

 

Lokasi tepat berada di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis (16/11/2023) siang. Insiden ini terjadi sekitar pukul 11.31 WIB.

 

Berawal dari latihan Profisiensi Formation Flight, empat pesawat TNI AU (Chevron) berangkat dari stasiun pada pukul 10.15 WIB. Mesin mulai menyala pada pukul 10.39 WIB, kemudian lepas landas dari Lapangan Udara Abdulrachman Saleh pukul 10.50 WIB.

 

BACA JUGA: Ada Dua Pesawat Tempur yang Jatuh, Ini Para Pilotnya

 

Sayangnya, pada pukul 11.18, dua pesawat (Chevron 1 dan 2) kehilangan kontak. Menjelang pukul 11.31 WIB, dua pesawat lainnya, Cheveron 3 dan 4, berhasil mendarat di Lapangan Udara Abdulrachman Saleh.

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), membenarkan kejadian ini. “Ya, itu benar (di Pasuruan), dan melibatkan dua pesawat tempur,” ujarnya.

TNI AU sedang melakukan penyelidikan menyeluruh terkait kecelakaan ini, mencakup potensi korban di kalangan prajurit, penyebab kecelakaan, dan kronologi insiden.

Diketahui bahwa dua pesawat TNI AU yang terlibat memiliki nomor registrasi TT-3111 dan TT-3103. Insiden ini terus diawasi dan diberitakan lebih lanjut seiring berjalannya investigasi.

 

BACA JUGA: Pesawat TNI AU Tabrak Tebing, Begini Penampakannya

 

Sebelumnya, beredar video pesawat yang hancur dan pesawat terbakar di media sosial, dalam video menyebutkan bahwa ada pesawat jatuh dan berlokasi di Pasuruan sekitar Gunung Bromo, Pasuruan Jawa Timur.

 

Informasi adanya korban jiwa diketahui usai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan kepada Kompas TV kalau ada korban jiwa, tetapi belum diketahui berapa korban dari tragedi ini.

 

Dirinya diminta membawa kantung jenazah, dan dikonfirmasi kalau akan ada evakuasi jenazah dari pesawat itu.(*)

Seperti Ini Penampakannya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: