Apa Istimewanya Pasar Natar ? Langganan Kunjungan Presiden, Menteri, Capres – Cawapres

Apa Istimewanya Pasar Natar ?  Langganan Kunjungan Presiden, Menteri, Capres – Cawapres

LANGGANAN : Presiden RI Jokowi saat kunjungan ke Pasar Natar. -kabar 24-

RADARTV – Sekilas tidak ada yang istimewa dari keberadaan Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Sama seperti kebanyakan pasar tradisional lainnya. Pasar Natar identik dengan kesemerawutan, becek dan ruwet tentunya. 

Selama dua periode menjabat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) setidaknya sudah beberapa kali mengunjungi pasar yang berlokasi di tepi jalan lintas Sumatra (jalinsum) tepat di sebelah fly over.

Di awal Mei tahun 2023, Presiden Jokowi mengawali lawatan untuk memeriksa jalan rusak dengan menyempatkan diri mengunjungi Pasar Natar. Di sini, selain berkomunikasi mengecek harga bahan pokok. 

Presiden  Jokowi yang didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono sangat akrab dengan pedagang, pembeli dan warga pasar lainnya.

“Ini kita melihat inflasi, melihat harga-harga, tetapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci, biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” kata Presiden saat diwawancara wartawan.

Kesempatan ini, presiden menjanjikan revitalisasi Pasar Natar yang diperkirakan selesai tahun 2023 ini. Namun hingga kini progresnya seperti jalan di tempat. 

Menariknya, dalam kunjungan bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka juga menjanjikan hal sama akan merevitalisasi pasar ini. 

”Pasar ini agar layak harus direvitalisasi, agar mampu menggugah pengunjung untuk datang,” ujarnya saat kunjungan Sabtu 11 November 2023. 

Sebelumnya Mendag Zulkifli Hasan juga menyambangi pasar ini. Bagi putra daerah asal Lampung Selatan ini, Pasar Natar sangat politis. Di sana, Bang Zul sempat bagi – bagi uang kepada warga secara terbuka yang disebutnya sebagai ahli sedekah. 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini melihat keberadaan sangat penting. Apalagi anaknya Putri Zulkifli Hasan maju menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI dari dapil Lampung I, yang salah satu lumbung suaranya berasal dari daerah ini.

Begitu juga seperti rencana revitalisasi Pasar Pasir Gintung, Kota Bandar Lampung. Hingga awal November 2023 ini belum ada tanda – tanda dimulainya revitalisasi. 

Padahal Dinas Perdagangan dan Tim Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Bandar Lampung sudah jauh – jauh hari melakukan penertiban pedagang sayur dan PKL di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pisang. 

Namun lantaran lamanya proses pembangunan. Membuat pedagang yang awalnya dipaksa masuk Pasar Smep, kini mulai tumpah ruah di Jalan Imam Bonjol kembali. 

Keistimewaan Pasar Natar 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: