Mantan Wakapolda Lampung Dilantik Jadi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Ini Rekam Jejaknya!

Mantan Wakapolda Lampung Dilantik Jadi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Ini Rekam Jejaknya!

DILANTIK : Irjen Rudi Setiawan resmi menjabat Direktur Penindakan dan Eksekusi KPK.-kpk-

RADARTV – Karir Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Politik Irjen Rudi Setiawan bersinar terang kembali. Setelah satu tahun parkir, Irjen Rudi dilantik menjadi Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih, Jakarta. Sejumlah pimpinan KPK dan perwakilan pejabat dari Mabes Polri menghadiri acara ini.

”Saya dengan ini secara resmi melantik saudara Irjen Pol Rudi Setiawan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia," kata Firli saat membacakan naskah pelantikan, Senin 6 November 2023.

Berikutnya, Irjen Rudi Setiawan membacakan Pakta Integritas setelah diambil sumpah sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK. Salah satu bunyi Pakta Integritas itu terkait kewajiban menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan hukum.

"Saya yang bertandatangan di bawah ini, Inspektur Jenderal Polisi Rudi Setiawan, jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi dengan ini menyatakan, satu, bersedia mematuhi dan melaksanakan secara sungguh-sungguh ketentuan perundang-undangan dan kode etik Komisi Pemberantasan Korupsi," tegasnya.

Posisi Jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK sempat kosong beberapa saat karena Irjen Karyoto, telah dilantik sebagai Kapolda Metro Jaya.

Jejak Karir 

Irjen Rudi Setiawan,S.I.K.,S.H.,M.H. lahir 9 November 1968. Pelantikan ini seperti kado istimewa hari ulang tahunnya ke-56 yang jatuh tiga hari ke depan. Rudi merupakan lulusan Akademisi Kepolisian (Akpol) tahun 1993, berpengalaman di bidang reserse. Jabatan terakhir bintang dua adalah saat menjabat Wakapolda Sumatra Selatan. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Dirkrimsus Polda Lampung dan Polda Lampung dan menjadi Wakapolda Lampung tahun 2019. (*)

Riwayat Jabatan

Penyidik Madya Unit I Dit II/ Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri 

Kapolres Indramayu Polda Jabar (2010)

Wadirreskrimsus Polda Sumut[2] (2012)

Pamen SSDM Polri (Penugasan sebagai Sekpri Presiden RI) (2013)

Kapolres Metro Bekasi Kota Polda Metro Jaya (2014)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: